8 Olahraga Paling Aneh dan Berbahaya yang Mungkin Belum Pernah Kita Lihat Seumur Hidup. Enggak Nyangka!

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 16 Mei 2018 | 09:40 WIB
foto: unbelievable-facts (Kinanti Nuke Mahardini)

Sepak bola, bulutangkis, basket, dan bola voli. Empat olahraga tadi bisa dibilang sebagai olahraga mainstream yang paling banyak dikenal dan dimainkan oleh orang ya, girls. Lalu bagaimana jadinya bila ada olahraga gulat gurita? Dari seluruh dunia ternyata terdapat olahraga aneh yang beberapa diantaranya enggak masuk akal. Berikut 8 olahraga paling aneh yang mungkin belum pernah kita lihat seumur hidup:

(Baca juga: 5 Aktris Indonesia Ini Mengawali Karier dari Kontes Model Majalah. Ada Favoritmu?)

Olahraga gulat gurita atau octopus wrestling ini ternyata populer di Amerika tahun 1960-an, girls. Peserta yang tidak lain adalah penyelam harus masuk ke laut dan menangkap gurita dengan tangan kosong. Seorang atlet octopus wrestling ini bahkan pernah menangkap gurita seberat 90 kilogram!

Berasal dari Jepang, olahraga ini mengharuskan atlet dari dua klub yang belawanan menjaga sebuah tiang agar tetap tegak berdiri meskipun banyak penyerang yang mencoba menumbangkan tiang tersebut. Bo taoshi ternyata adalah sebuah olahraga yang lahir tahun 1940. Awalnya olahraga ini merupakan bagian dari pelatihan militer namun lama kelamaan populer dan dimainkan oleh banyak orang.

Olahraga ini enggak perlu kita tiru sama sekali ya, girls karena olahraga ini membahayakan peserta dan hewan yang digunakan. Rubah, kelinci, luwak, dan kucing biasanya akan digunakan sebagai “bola” untuk dilempar. Hewan-hewan tidak berdosa tersebut akan dilempar ke udara dan yang terjauh menjadi pemenang. Sayangnya, olahraga ini berbahaya karena kita tidak tahu dimana hewan tersebut akan jatuh. Olahraga ini populer di Eropa pada abad 17 dan 18.

Peraturannya sama dengan sumo orang yang biasanya kita lihat di Jepang. Namun, pesertanya adalah robot. Coach yang enggak lain adalah pemilik robot harus menerapkan setting agar robot tersebut dapat menyerang dan menjatuhkan satu sama lain. Robot yang jatuh dan keluar garis pertama akan kalah dalam pertandingan, meskipun teknik dan unsur lainnya juga dinilai dalam pertandingan ini.

(Baca juga: 6 Lagu Korea Galau dari IU yang Bikin Tenang Kalau Didengarkan Saat Nangis)

Buat kita yang sering bertanding jangkrik atau serangga lainnya, kita ternyata adalah atlet. Di Jepang, Singapura, Filipina, bahkan Florida terdapat olahraga bernama spider fighting. Dua buah laba-laba akan ditempatkan dalam sebuah tongkat. Laba-laba yang pertama jatuh dinyatakan kalah! Sayangnya, olahraga ini hanya ditujukan untuk judi dan mulai dihentikan di negara-negara tersebut.

Jangan pernah meniru olahraga ini di rumah tanpa latihan dan pengawasan ya, girls. Soalnya, Ultimate Tazer Ball merupakan salah satu olahraga yang paling berbahaya di dunia. Empat orang pemain dalam satu klub mencoba memasukan bola ke gawang lawan. Namun, pemain lawan membawa alat kejut listrik yang biasanya kita lihat untuk melumpuhkan penjahat! Olahraga ini bahkan sempat mendapatkan protes dari masyarakat California karena bisa membahayakan nyawa.

Kompetisi yang berkembang di Inggris pada abad ke 17 ini mengharuskan dua orang atlet menendang tulang kering satu sama lain. Pemain yang terlebih dahulu jatuh dan mengusap tulang keringnya maka dinyatakan kalah. Satu hal yang paling berbahaya dan olahraga ini, pemain menggunakan sepatu dari baja dan boleh mengenakan anggota tubuh lainnya untuk menumbangkan lawan. Salah satu atlet bahkan pernah mengorbankan kakinya hingga patah.

Otot dan otak diperlukan dalam olahraga ini. Olaharaga yang terdiri dari 11 ronde dengan tiga menit pada setiap rondenya ini mengharuskan pemain bermain catur dan tinju secara bergantian. Olahraga ini ada sejak 2003 dan masih populer di negara Eropa daratan seperti Jerman.

(Baca juga: 7 Hal yang Bikin Haters Jatuh Cinta Sama Kpop. Kamu Setuju?)