Hapus 6 Pikiran Negatif Tentang Tubuh yang Sering Membatasi Diri Sendiri Buat Berekspresi

By Indra Pramesti, Jumat, 18 Mei 2018 | 04:45 WIB
Cintai diri sendiri dengan menerima keunikan tubuh kita, yuk! (Indra Pramesti)

Setiap orang pasti pernah merasa insecure sama tubuh mereka. Tapi bukan berarti kita harus terus-terusan merasa insecure, terus  minder dan akhirnya membatasi ruang untuk berkespresi. Padahal ada banyak hal seru yang bisa kita coba, lho, girls.

Nah, biar enggak terus-terusan minder dan membatasi diri terus, yuk hapus 6 pikiran negatif tentang tubuh yang sering membatasi diri sendiri buat berekspresi!

(Baca juga: 5 Cara Ampuh Mengusir Sedih Karena Di-Bully. Wajib Dicoba!)

Kalau kita suka sama baju tertentu, sebaiknya kita ikuti kata hati dan memakai baju itu dengan pede. Jangan batasi diri kita untuk mencoba baju-baju cute dan lucu yang bikin kita pengin mencobanya hanya karena kita punya bentuk tubuh yang enggak sesuai.

Misalnya kalau kita punya tubuh plus size kemudian pengin memakai atasan off-shoulder atau cold-shoulder. Just wear it, girls! Jangan takut dibilang fashion terorist!

Sebenarnya bukan tubuh kita yang enggak mampu, tapi pikiran kita yang terus membatasi kita untuk melakukan suatu hal tertentu. Kalau kita berpikiran enggak bisa lari jarak jauh atau memanjat tebing, itu bukan karena kita enggak mampu, tapi karena kita enggak punya motivasi.

Kalau kita berpikir kita bis adan mampu, pasti kita akan terinspirasi untuk melakukannya. Tentunya dengan latihan dan dedikasi, kita pasti bisa membuktikannya!

Sejujurnya, kita enggak perlu melakukan apapun dalam tubuh kita selain makan, minum, dan istirahat karena tiga hal itu yang bisa bikin tubuh kita tetap berfungsi. Tapi soal penampilan, kita enggak perlu melakukan 100% perombakan, lho, girls. Terimalah diri kita apa adanya dan rayakan keunikan yang kita miliki.

Berapapun tinggi kita, kita sama sekali enggak aneh, lho, girls. Mau terlahir dengan tinggi yang menjulang atau mungil daripada teman-teman yang lain, kita tetap punya keistimewaan tersendiri. Supaya bisa merasa lebih baik dengan tinggi badan masing-masing, kita harus sadar kalau di luar sana, ada orang yang diam-diam pengin punya badan yang sama tinggi seperti kita. Toh, semua orang selalu pengin memiliki apa yang orang lain miliki kan?

Sama seperti tinggi badan, setiap orang terlahir dengan ukuran tubuh yang berbeda-beda. Banyak iklan atau opini-opini yang membuat kita bepikiran dengan ukuran tubuh yang berbeda dari yang kita miliki saat ini, kita bisa menjadi lebih bahagia. Padahal kebahagiaan yang sejati enggak dikaitkan dengan ukuran atau bentuk tubuh kita.

Instagram memang tempat yang bagus buat nge-share foto, informasi, atau hal-hal menarik lainnya. Tapi kita juga perlu ingat bahwa ada teknologi bernama photoshop atau photo editing, angle kamera, dan efek kamera. Itu artinya, apapun yang kita saksikan lewat jendela Instagram belum tentu jujur dan apa adanya. Faktor-faktor tersebut yang bikin Instagram terkesan ‘sempurna’. Stay true to yourself, girls. Dan jangan mau dipermainkan sama internet. Setuju?

(Baca juga: 3 Alasan Umum Kenapa Seseorang Bertahan Dalam Hubungan Enggak Sehat)