8 Fakta Yang Perlu Kita Tahu Tentang Stretch Marks

By Indra Pramesti, Jumat, 18 Mei 2018 | 07:00 WIB
Cewek yang telah mengalami pubertas, ternyata bisa memiliki stretch marks, lho! (Indra Pramesti)

Umumnya, stretch marks serig diasosiasikan dengan perempuan yang sudah melahirkan. Tapi ternyata, stretch marks juga bis amuncul pada cowok, bahkan cewek yang telah mengalami masa pubertas seperti kita. Yuk, kenali 8 fakta yang perlu kita tahu tentang stretch marks!

(Baca juga: 5 Buah-Buahan yang Cocok Dimakan Saat Sahur )

Stretch mark disebabkan karena kulit meregang dengan terlalu cepat. Biasanya keadaan ini lebih rentan terjadi pada mereka yang mengalami pertumbuhan yang cepat pada masa puberti atau perempuan dewasa yang hamil. Termasuk juga orang yang mengalami naik-turun berat badan dengan cepat atau yang mengalami perubahan besar pada tubuhnya lebih mudah memiliki stretch marks.

Faktor genetik ternyata juga bisa memengaruhi strecth marks, lho. Jadi coba cek apakah ayah, ibu, dan saudara-saudara terdekat kita memiliki stretch marks atau enggak. Jika mereka punya, berarti kemungkinan besar kita juga bakal lebih mudah memiliki stretch marks.

Umumnya, stretch mark sering dihubungkan dengan kehamilan dan biasanya muncul di bagian pinggang atau perut. Tapi, ternyata stretch marks juga bisa muncul di bagian tubuh mana saja. Stretch marks yang muncul di bagian tubuh tertentu biasanya disebabkan karena pubertas atau ketika kita mengalami naik-turun berat badan dengan cepat.

Banyak yang menganggap bahwa stretch marks hanya bisa muncul pada perempuan saja. Padahal enggak begitu kenyataannya. Ternyata stretch marks juga bisa muncul pada cowok yang telah melalui masa pubertas.

Kalau kita memiliki stretch marks karena berat badan kita naik, bukan berarti dengan menurunkan berat badan stretch marks kita bakal hilang dengan sendirinya. Begitu juga dengan perempuan dewasa yang telah melahirkan bayi.

Stretch marks seenggaknya bisa dibagi menjadi dua kategori. Kategori pertama disebut striae rubra yakni stretch marks yang pertama kali terbentuk yang terlihat seperti radang dan memiliki warna beragam mulai dari pink, merah, hingga keunguan. Setelah beberapa saat, stretch marks tersebut akan memudar dan berubah menjadi garis-garis berwarna silver. Stretch marks ini merupakan kategori kedua yang dinamakan sebagai alba.

Stretch marks akan memudar seiring berjalannya waktu, tapi garis putih alba akan tetap terlihat dengan jelas jika kita tidak melakukan treatment khusus misalnya seperti dengan mengoleskan krim khusus penghilang stretch marks sampai tretament seperti terapi laser dan microneedling.

Meski begitu, pada dasarnya stretch marks adalah hal yang normal terjadi pada tubuh kita, sehingga enggak masalah kalau kita enggak menghilangkannya.

Jika kita mengetahui tanda stretch marks yang baru muncul berwarna kemerahan dan seperti meradang, maka kita bisa segera menghilangkannya. Stretch marks yang baru muncul ternyata lebih mudah dihilangkan daripada stretch marks yang udah lama.

(Baca juga: Hapus 6 Pikiran Negatif Tentang Tubuh yang Sering Membatasi Diri Sendiri Buat Berekspresi)