6 Tips Agar Introvert Lebih Mudah Memulai Pembicaraan. Yuk, Dicoba!

By Andien Rahajeng, Senin, 21 Mei 2018 | 11:15 WIB
10 Hal yang Dibutuhkan Introvert Dalam Pacaran. Kamu Setuju? (Andien Rahajeng)

Kepribadian introvert enggak bisa disamakan dengan sifat pemalu. Banyak introvert yang senang berteman dan berkenalan dengan orang baru. Hanya saja, memulai pembicaraan dengan basa-basi adalah sesuatu yang sulit untuk kita lakukan. Tapi saat terjebak di situasi sosial yang mengharuskan kita basa-basi dengan orang yang belum kita kenal, kita bisa coba 6 cara ini.

(Baca juga:5 Fakta Mengejutkan Tentang Introvert yang Enggak DIsangka-Sangka)

Awali dengan pujian

Saat mencoba memulai pembicaraan dengan orang yang belum kita kenal, kita bisa mengawalinya dengan pujian. Misalkan memuji bajunya yang on trend atau makeupnya yang on point. Setelah itu kita bisa memulai percakapan kecil tentang tempat membeli bajunya, atau shade lipstiknya. Cara ini bisa melatih kita untuk lebih tenang dan bebas dalam menyampaikan pendapat.

Tanyakan Pertanyaan yang Lebih Dalam

Introvert memang enggak nyaman jika harus basa-basi, kita lebih suka obrolan dengan topic yang jelas dan lebih mendalam. Hindari pertanyaan seperti “tadi macet enggak?” atau “di luar panas ya?” karena pertanyaan seperti ini enggak akan bisa berlanjut panjang. Kalau kita sudah menanyakan pertanyaan yang tepat, kita akan menyadari ternyata banyak juga kesamaan interest yang kita miliki.

(Baca juga: Enggak Salah Jadi Introvert dan Enggak Perlu Memaksa Diri Berubah Demi Orang Lain)

Bikin “script”

Nah, kalau kita sudah tahu jenis acara yang akan kita datangi dan siapa saja yang akan hadir, kita bisa buat “script” dan latihan ngomong dulu di rumah. Mungkin terkesan agak berlebihan ya, tapi ini akan membuat kita lebih tenang dan siap untuk membuat percakapan dengan orang yang kita temui di acara itu.

Be yourself

Tips ini pasti udah kita dengar ribuan kali, ya. But really, just be yourself. Jangan pura-pura menyukai band atau film tertentu hanya untuk basa-basi dengan orang yang baru kita kenal. Kita enggak perlu membuat jokes yang kita temui di internet kalau sebenarnya kita enggak suka ngelucu. Justru yang harus kita lakukan adalah menceritakan yang sebenarnya kita suka. Siapa tahu, lawan bicara kita juga suka dan percakapan kita bisa berlanjut.

(Baca juga:3 Hal yang Harus Dipahami Cewek Ekstrovert Kalau Punya Pacar Introvert)