Wajib Tahu! Ini 3 Kandungan yang Terkandung dalam Skincare Pencerah Kulit

By Ifrani Rani, Kamis, 24 Mei 2018 | 06:10 WIB
Tipskesehatan.com (Ifrani Rani)

Dalam membeli produk skincare, kita harus memperhatikan formula apa yang terkandung di dalamnya. Gunanya adalah agar kita dapat menghindari dampak yang akan terjadi, jika kita menggunakan produk tersebut, selain itu juga untuk memahami kegunaan dari kandungan tersebut untuk kulit kita.

Ini 3 kandungan yang ada di dalam setiap produk pencerah kulit yang kita harus tau apa manfaatnya. Yuk, disimak!

1. Vitamin C 

Vitamin C adalah kandungan lama yang sejak dulu sudah kita temukan di dalam produk pencerah kulit. Selain jeruk vitamin C juga dapat kita temukan pada lemon, pepaya, keluarga buah berry, dan kale. Vitamin C dapat memperlambat pertumbuhan sel melanosit.

Melanosit adalah sel yang memproduksi melanin di lapisan dasar kulitdan juga berperan dalam perubahan warna kulit menjadi gelap.

2 Acid atau Asam

Dalam beberapa produk pemutih kulit juga kita dapat menemukan jenis acid atau asam yang digunakan, seperti Alpha Hydroxy Acid (AHA). Asam ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, menyamarkan kerut halus, dan meratakan warna kulit.

(Baca juga: Yuk Segarkan Kulit Kita dengan 7 Skincare Mengandung Nanas Ini, Girls!)

3. Enzim

Enzim yang biasanya terkandung di dalam produk pencerah kulit adalah melanozyme. Jenis enzim ini berasal dari jamur yang pada awalnya digunakan untuk bahan pemutih kertas.

Ternyata melanozyme ini dapat melarutkan melanin yang ada di permukaan kulit. Dari sana para peneliti kecantikkan mulai membuat produk skincare dengan menggunakan enzim tersebut.