Ternyata Konsumsi Madu Saat Sahur Bagus Lho, Ini 5 Faktanya!

By Ifnur Hikmah, Selasa, 22 Mei 2018 | 08:30 WIB
coxshoney.com (Ifnur Hikmah)

Madu memang memiliki banyak manfaat, termasuk bagi kita yang sedang menjalankan puasa. Biasanya madu dikonsumsi dengan dua cara, langsung minum atau bisa juga dicampur dengan air atau teh. Yuk, simak manfaat mengonsumsi madu sebelum mulai menjalankan puasa.

Baca juga : (http://cewekbanget.grid.id/Love-Life-And-Sex-Education/Makanan-Favorit-Orang-Korea-Yang-Mudah-Dibuat-Dan-Cocok-Dimasak-Saat-Sahur)

Meningkatkan energi tubuh

Selama menjalani ibadah puasa, badan kita diharukan menahan lapar dan haus. Jika kalian banyak aktifitas di luar rumah, hal ini tentunya tidak akan mudah dijalani karena tubuh harus bekerja lebih keras guna menyuplai energi sebagai pendukung semua kegiatan. Nah, selain mencukupi kebutuhan energi tubuh dari makanan yang sehat dan bergizi, kita juga bisa minum madu saat sahur untuk mengoptimalkan energi di awal hari. Karena jika kita minum madu sebanyak satu sendok makan ternyata setara dengan asupan 17 gram karbohidrat. Itu sebabnya madu bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk meningkatkan kebutuhan energi. Hal ini dikarenakan madu mengandung sejumlah gula alami seperti fruktosa, maltosa, glukosa, dan sukrosa. Kandungan tersebut jika diolah menjadi kalori dapat diandalkan untuk meningkatkan energi tubuh selama beraktivitas selama puasa.

Pengganti gula

Makanan manis memang menjadi pilihan utama saat berbuka puasa dan sahur. Hal ini memang tidak salah, tetapi ada baiknya jika mengganti gula yang biasa digunakan dengan madu. Gula yang dicampurkan dalam makanan dan minuman memang bisa menambah kalori, hanya saja tidak akan memberi nutrisi bagi tubuh. Namun, madu tidak hanya akan memberi rasa manis dan lezat pada hidangan, tapi juga mengurangi efek buruk yang diakibatkan oleh konsumsi gula berlebihan. Meski begitu, penting bagi kita untuk tetap memerhatikan batasan konsumsi madu yang optimal.

Baca juga : (http://cewekbanget.grid.id/News-And-Entertainment/Makan-10-Buah-Sayur-Ini-Saat-Sahur-Supaya-Tetap-Terhidrasi-Jadi-Enggak-Gampang-Haus)

Mencegah asam lambung naik

Bagi penderita asam lambung atau maag, bulan puasa bisa menjadi suatu tantangan tersendiri. Karena pola makan yang memang harus diatur dengan ekstra hati-hati demi menghindari asam lambung naik saat puasa. Selain memilah pola makan teratur, kita juga dapat menambahkan madu ke dalam daftar minuman saat sahur juga bisa memberi manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa madu dapat mencegah peningkatan asam lambung, dengan cara memberi perlindungan pada kerongkongan (esofagus) dan lambung.

Menurunkan kadar trigliserida

Saat waktu berbuka puasanya, biasanya kita sering kalap dan menyantap makanan dan minuman dalam jumlah banyak. Alih-alih memenuhi kecukupan gizi dalam tubuh, makan dalam jumlah banyak tanpa memikirkan dampaknya justru bisa menjadi bumerang bagi kesehatan kita, salah satunya bisa memicu naiknya kadar trigliserida dalam tubuh. Apalagi kalau kita memang penggemar makanan berlemak. Peningkatkan kadar trigliserida ini tidak bisa dianggap remeh, sebab bisa berujung pada penyakit diabetes dan penyakit jantung. Namun, hal itu dapat dikurangin dengan cara mengonsumsi madu, girls. Seperti yang sudah dibuktikan dalam Journal of Medicinal Food membuktikan bahwa ada hubungan antara minum madu secara teratur dengan penurunan kadar trigliserida.

Meredakan gejala flu dan batuk

Banyaknya kegiatan yang kita jalani disertai dengan kurang menjaga kesehatan tubuh bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. Pada akhirnya, kondisi ini dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, salah satunya flu dan batuk. Namun, salah satu penelitian menyatakan bahwa mengonsumsi madu ampuh dalam mengurangi batuk yang menyiksa di malam hari, sekaligus bisa meningkatkan kualitas tidur bahkan mirip dengan obat batuk yang mengandung dextromethorphan dan diphenhydramine (antihistamin). Rutin minum madu saat sahur atau berbuka, perlahan bisa mengobati batuk dan pilek.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Manfaat Konsumsi Madu Saat Sahur", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/22/040400220/5-manfaat-konsumsi-madu-saat-sahur.