8 Skandal Bigbang yang Paling Mengejutkan Publik. Pernah Membahayakan Karier Mereka!

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 25 Mei 2018 | 07:20 WIB
Bigbang (Kinanti Nuke Mahardini)

Bigbang merupakan salah satu grup kpop terbesar di Korea Selatan. Debut dari tahun 2006, Bigbang menjadi salah satu grup kpop generasi kedua yang masih bertahan hingga detik ini. Hampir dua belas tahun berkarir, perjalanan mereka tentu tidak mudah. Terlibat skandal yang membahayakan karir mereka hampir pernah Bigbang alami. Berikut 8 skandal Bigbang yang paling mengejutkan publik:

(Baca juga: Menelusuri 10 Tahun Perjalanan Karier SHINee dari 2008 – 2018 #SHINee10thAnniversary)

Tahun 2007 Bigbang merilis single ‘Lies’. Lagu ini langsung meledak di seluruh penjuru Korea. Meraih all kill bahkan membawa pulang penghargaan Song of The Year MAMA 2007. Nama G-Dragon sebagai komposer lagu ini langsung naik. Ia bahkan mendapat julukan sebagai producer idol saat itu. Beberapa bulan kemudian, netizen menemukan bahwa lagu ‘Lie’ mirip dengan lagu DJ Jepang bernama FreeTEMPO yang berjudul ‘Sky High’. G-Dragon tidak muncul ke publik saat itu dan memilih diam. Namun rumor dan masalah semakin tidak terekendali. YG Entertainment akhirnya menghubungi FreeTEMPO untuk melakukan klarifikasi. DJ asal Jepang tersebut kemudian mengumumkan bahwa ‘Lies’ sangat berbeda dengan ‘Sky High’.

Bigbang

Pada salah satu siaran televisi, T.O.P terlihat menggunakan rising sun flag di kedua sisi dadanya. Rising sun ini menjadi salah satu simbol yang cukup sensitif di Asia karena simbol ini digunakan sebagai bendera perang kekaisaran Jepang. Belum lagi Korea Selatan yang pernah menjadi salah satu negara jajahan Jepang. Memahami situasi yang semakin serius, Yang Hyun Suk mengeluarkan permohonan maaf dengan menyebutkan bahwa “Saya percaya masalah ini dimulai karena fakta bahwa T.O.P dengan staf lainnya tidak mengenali makna dari simbol tersebut. Kami dengan tulus meminta maaf atas insiden tersebut karena faktanya kami tidak sengaja melakukan itu. T.O.P cukup terkejut dan sedang merenungkan kejadian yang menimpanya. Kami akan berusaha mencegah kesalahan lain dan lebih berhati-hati.”

Bigbang

Sekitar tahun 2009, G-Dragon merilis album solonya yang bertajuk ‘Heartbreaker’. Album tersebut langsung sukses besar, namun enggak sedikit publik yang merasa bahwa lagu ‘Heartbreaker’ milik G-Dragon adalah versi Korea dari ‘Right Round’ milik Flo Rida. Sebelum situasi semakin membesar, YG kembali menghubungi pihak Flo Rida untuk melakukan klarifikasi. Flo Rida bahkan sampai terbang ke Korea dan datang ke konser G-Dragon. Untuk menghindari tuduhan lebih lanjut, lagu ‘Heartbreaker’ dibawakan dalam versi remake.

Bigbang

G-Dragon pada tahun 2011 sempat terkena skandal ganja. Hasil pemeriksaan mengatakan bahwa ia positif menggunakan ganja meskipun positifnya lemah. Dalam hal ini, sangat sedikit kadar ganja yang dikonsumsi oleh G-Dragon. Rambut hingga tes urin menunjukan kadar ganja yang lemah. Beberapa bulan setelah kejadian ini, G-Dragon mengungkapkan bahwa ia ditawari rokok oleh seseorang di sebuah pesta di Jepang. Namun, G-Dragon menyadari itu bukan rokok dan langsung membuangnya. G-Dragon tidak dijatuhi hukuman apapun atas kesalahannya.

(Baca juga: 10 Hal yang Bisa Bikin SHINee Bertahan Selama 10 Tahun. Bikin Terharu!)

Pada 31 Mei 2011, Daesung terlibat kecelakaan mobil yang sangat fatal. Ia menabrak seorang pengendara motor dan taksi yang berhenti mendadak. Taksi langsung berhenti ketika melihat pengendara motor tersebut, namun tidak dengan Daesung. Pengendara motor tersebut meninggal di tempat karena hantaman tersebut begitu keras. Daesung tidak didakwa atas perbuatannya karena tidak ada bukti yang menunjukan apakah pengendara motor tersebut memang meninggal karena Daesung. Hal ini menjadi tamparan bagi Daesung. Ia hiatus satu tahun dari Bigbang sebelum akhirnya kembali ke dunia entertainment.

Bigbang

Bigbang

Bigbang

Tahun 2012 seorang perempuan yang tidak disebutkan namanya pergi ke media Jepang dan menyebarkan foto serta kesannya melakukan hubungan seks dengan Seungri. Situasi menjadi lebih buruk ketika Seungri dan model Jepang bernama Anna Kubo terlihat berciuman di Hongkong. Keduanya seolah seperti sepasang kekasih. Skandal ini langsung ditangani oleh YG Entertainment dengan mengatakan bahwa Seungri dan Anna adalah teman dekat dan mereka baru selesai syuting. Untuk skandal pertama Seungri, ia jujur kepada publik dan meminta maaf setulus-tulusnya. Publik tersentuh dan memaafkan Seungri.

Bigbang

Skandal ini menjadi skandal Bigbang yang paling menghebohkan publik. Tahun 2017, T.O.P yang sedang wajib militer dituduh menggunakan ganja. Semua sangkalan T.O.P hancur ketika hasil tes narkoba menyatakan T.O.P positif menggunakan narkoba. T.O.P menerima hukuman penjara 10 bulan dengan masa percobaan dua tahun. Ia bahkan dikeluarkan dari pendidikan wajib militernya. Beberapa bulan setelah kejadian ini, T.O.P kembali mendaftar wajib militer, melakukan pelayanan publik di Distrik Yongsan dan merefleksikan kesalahannya.

Selama konser ‘Shine A Light’, G-Dragon dituduh melakukan mastrubasi dengan penarinya, Aimee. Namun, hal ini dibantah langsung oleh Aimee dan mengatakan bahwa itu bagian dari show.

(Baca juga: 10 Karakter Cowok di Drama Korea Ini Awalnya Enggak Percaya Cinta Hingga Akhirnya Dia Jatuh Cinta!)