Oops! Ternyata Ini Dia Penyebab Kulit Berwarna Gelap

By Ifrani Rani, Jumat, 8 Juni 2018 | 10:30 WIB
Lifestyle.kompas.com (Ifrani Rani)

Orang Indonesia cenderung memiliki kulit cenderung sawo matang, padahal kita lebih ingin mempunyai kulit putih dan cerah. Warna kulit sawo matang bisa lebih menggelap lagi karena beberapa faktor sebagai berikut

1. Terlalu banyak terkena paparan sinar matahari secara langsung

Sinar matahari yang terlalu menyengat kulit akan mendatangkan dampak buruk yakni perubahan warna kulit yang terlihat cenderung menghitam.

2. Peradangan pada kulit 

Peradangan yang terjadi pada kulit akan menyebabkan warna kulit menjadi kehitaman. Hal ini akan terlihat jelas pada bekasa luka, bekas jerawat, reaksi alergi, iritasi , dan lain sebagainya.

3. Penyakit kulit 

Warna kulit yang menghitam dapat juga disebabkan oleh adanya penyakit kulit tertentu. Penyakit kulit merupakan suatu penyebab kulit menjadi warna hitam yang berasal dari dalam, salah satu jenis penyakit kulit yang menyebabkan kulit tampak terlihat hitam  adalah karena terhambatnya  pertumbuhan zat-zat pigmen kulit atau melanin.

4. Pengaruh pengonsumsian obat-obatan

Jika terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan terlalu banyak akan membawa dampak yang dapat menyerang kesehatandan kecantikkan. Salah satu dampaknya adalah warna kulit menjadi gelap dan tidak terang.

5. Perawatan kulit yang salah

Perawatan kulit yang sembarangan atau asal-asalan akan menimbulkan effek negatif yang akanmerusak kulit dan memperburuk kondisinya. Terlebih jika kita salah memilih produk kecantikkan untuk kulit, akan menyebabkan iritasi yang mengakibatkan kulit menjadi lebih gelap.