3 Waktu yang Diperbolehkan untuk Menceritakan Rahasia Sahabat

By Indra Pramesti, Senin, 28 Mei 2018 | 05:30 WIB
Kita boleh menceritakan rahasia sahabat, asalkan... (Indra Pramesti)

Rahasia yang diceritakan ke kita memang harus kita jaga dengan baik, terlebih lagi kalau rahasia tersebut milik sahabat yang kita sayangi. Tapi jangan salah, girls. Ternyata kita diperbolehkan buat menceritakan sahabat di waktu-waktu tertentu, lho.

Ini dia 3 waktu yang diperbolehkan untuk menceritakan rahasia ke sahabat!

(Baca juga: Urutan Zodiak Dari yang Paling Menarik Perhatian Orang Banyak. Kamu Setuju?)

Kalau rahasia tersebut menyakiti orang lain, maka kita perlu mempertimbangkannya, nih, girls. Misalnya rahasia tentang sahabat yang diam-diam selingkuh dari pacarnya, yang notabene teman kita juga.

Bayangkan apa jadinya kalau kita berada dalam posisi pacarnya sahabat. Apakah kita mau terus-terusan dibohongi? Tapi kalau kita memilih untuk tetap diam dan menjaga rahasia tersebut, pastikan kita mengetahui duduk permasalahan mereka berdua. Jangan asal main tuduh dan nge-judge sendiri.

Kalau rahasia yang kita simpan menyangkut masalah yang benar-benar serius seperti kekerasan fisik, emosional, atau bahkan seksual, maka ada baiknya kita meminta menceritakan rahasia tersebut ke orang tua, kakak, atau psikolog yang kita percaya.

Anjurkan juga teman kita untuk segera menghubungi psikolog atau terapis untuk menyembuhkan traumanya. Karena menjadi korban kekerasan enggak bisa diselesaikan dengan menyimpan rahasia sendirian. Harus ada bantuan dan komunikasi dengan orang-orang berpengalaman yang diharapkan bisa membantunya menyembuhkan stres dan anxiety yang dia miliki.

Jika rahasia yang kita simpan ternyata malah membuat kita tertekan dan stres sendiri, enggak ada salahnya kalau kita menceritakan rahasia tersebut ke orang-orang terdekat yang kita percaya seperti kakak atau orang tua.

Pastikan orang yang akan mendengarkan curhatan kita enggak mengenal sahabat kita dan minta mereka untuk menyimpan rahasia tersebut serapat mungkin. Dengan begitu, kita bisa seenggaknya melepas beban rahasia yang membuat kita tertekan.

(Baca juga: 5 Cara yang Bisa Kita Lakukan Saat Pacar Merasa Enggak Bahagia Saat Pacaran)