Wajib Tahu! Ini Penyebab Kulit Ketiak Hitam dan Cara Mengatasinya

By Ifrani Rani, Rabu, 30 Mei 2018 | 02:50 WIB
Hellosehat.com (Ifrani Rani)

Ketiak yang gelap menjadi masalah tersendiri bagi para cewek dan dapat menurunkan rasa percaya diri. Meski enggak selalu kelihatan, ketiak berwarna gelap akan bikin kita kesulitan saat memakai baju berlengan pendek. Untuk itu, ketahui yuk beberapa penyebab yang membuat kulit ketiak menggelap dan cara mengatasinya.

1. Infeksi Bakteri 

Bakteri yang ada di daerah ketiak tidak hanya menyebabkan bau badan yang tidak sedap tetapi juga menyebabkan kulit ketiak menjadi gelap. Corynebacterium minutissimum, adalah bakteri penyebab kulit ketiak menjadi hitam dan juga bisa menyebabkan bercak coklat kemerahan yang dapat menimbulkan rasa gatal.

2. Terdapat kumpulan sel mati

Jarang membersikan ketiak juga bisa membuat ketiak kita menjadi hitam. Ketika kita jarang atau tidak membersihkan bagian ketiak, maka akan terjadi penumpukkan sel-sel kulit mati. Tumpukan sel mati inilah yang membuat sel-sel baru sulit untuk beregenerasi.

(Baca juga: Bikin Ketiak Cerah & Mulus ala Seleb Korea dengan 5 Bahan Alami Ini)

3. Kebiasaan merokok

Merokok jelas sangat berbahaya bagi tubuh. Berbagai penyakit dapat timbul akibat merokok, seperti membuat bibir kita menjadi hitam. Tidak hanya bibir ketiak juga akan menjadi hitam karena merokok.

4. Pengaruh hormon

Karena setiap orang memiliki tingkatan hormon yang berbeda-beda, sehingga tidak semua orang yang memiliki ketiak hitam karena hormon. Tapi jika karena hormon, ada beberapa cara alami yang dapat mengatasinya, seperti menyeimbangkan hormon. Untuk menyeimbangkan hormon, kita hanya perlu memakan makanan yang sehat.

5. Salah memilih deodorant

Jika kita salah memilih deodorant yang cocok untuk kulit kita, akan menyebabkan kulit ketiak menjadi hitam. Sehingga kita harus pintar memilih jenis deodorant, agar tidak membuat kulit ketiak menghitam.

Ini cara mengatasi ketiak hitam yang bisa kita coba.

1. Menggunakan bahan alami, salah satunya lemon

Caranya sangat mudah, hanya dengan cara menggosokkan lemon ke daerah ketiak yang gelap. Namun cara ini lebih baik tidak dilakukan kalau kita punya kulit yang sensitif.

(Baca juga: 6 Deodoran untuk Mencerahkan Ketiak yang Kusam Supaya Makin Pede)

2. Kentang

Sama seperti lemon, kita hanya perlu menggosokkan kentang ke daerah ketiak yang gelap. 

3. Baby Oil

Baby oil memiliki kandungan baik yang dapat melembutkan kulit bayi. Tidak hanya kulit bayi, baby oil juga mampu menghilangkan kulit hitam pada ketiak. Cukup mudah, hanya dengan mengoleskan baby oil ke seluruh daerah ketiak dan diamkan selama 10-15 menit kemudian jangan bilas dengan air, angkatlah dengan menggunakan kapas, sampai semua kotoran terangkat.