Tahap Operasi Kelopak Mata di Korea Akhirnya Terungkap. Ngeri dan Bikin Merinding!

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 28 Mei 2018 | 08:25 WIB
foto: koreaboo.com (Kinanti Nuke Mahardini)

Salah satu operasi bedah plastik yang lazim dilakukan di negara Asia Timur ialah operasi kelopak mata. Tanpa bermaksud rasis, kita enggak bisa memungkiri bahwa orang Asia Timur memiliki kelopak mata monolid. Seperti orang Korea Selatan mayoritas memiliki kelompak mata tunggal. Namun, standar kecantikan di negara tersebut mengatakan bahwa mereka dengan kelopak mata ganda terlihat lebih menarik.

Hal tersebut akhirnya membuat operasi kelopak mata banyak dilakukan. Dilansir dari koreaboo.com, salah satu klinik di Korea mengungkapkan bahwa setiap tahunnya mereka melakukan operasi kelopak mata lebih dari 10.000 kali. Masih dilansir dari sumber yang sama, berikut tahapan operasi kelopak mata di Korea.

foto: koreaboo.com

(Baca juga: 9 Kisah Orang Biasa yang Berpacaran dengan Selebriti. Bikin Iri!)

Langkah pertama yang harus dilakukan ialah melakukan konsultasi kepada dokter spesialis bedah plastik. Dokter akan melakukan desain pada mata kita, seperti bagaimana kelopak mata ganda yang cocok dan proporsional untuk wajah kita. Desain yang ditentukan oleh dokter akan dilakukan jika pasien sudah setuju akan memiliki kelopak mata ganda dengan lebar tertentu.

Setelah pasien setuju dengan desain kelopak mata ganda dari dokter, dokter akan mulai menggambar desain. Pasien harus memejamkan mata agar dokter bisa mengaplikasikan desain yang telah ditentukan. Lipatan akan digambar pada mata pasien. Lipatan tersebut bertujuan untuk mengukur bagian mana yang dibuang dan dijadikan kelopak mata ganda. Setelah selesai digambar, pasien akan dibius dan operasi mulai dilakukan.

Pasien telah dibius, berarti operasi siap dilakukan. Dokter mulai membelah bagian mata yang telah digambar dan mengangkat kulit dari area tersebut. Setelah kulit terbuka, dokter akan menghilangkan lemak dan jaringan lainnya. Setelah itu, otot kulit dan kelopak mata baru akan dijahit.

(Baca juga: Suzy yang Sempat Mendukung Petisi Yang Ye Won, Dituntut oleh Studio Foto Karena Pencemaran Nama Baik! Ini Dia 4 Infonya.)

foto: koreaboo.com

Operasi yang telah dilakukan ternyata tidak mempengaruhi mata kita. Mata kita masih bisa terbuka sesaat setelah operasi. Operasi akan dilakukan sekitar 30 menit hingga satu jam. Setelah operasi, mata pasien akan membengkak. Pada masa perawatan, pasien harus rajin menggunakan es untuk mengurangi bengkak tersebut.

Setelah 5 hingga 7 hari, jahitan akan dilepas, Dalam 2 minggu hingga satu bulan setelah jahitan dilepas, memar yang terjadi pada mata pasien akan hilang dan mata terlihat alami.

foto: koreaboo.com

foto: koreaboo.com

Member Super Junior, Kyuhyun mengungkapkan bahwa ia menjalani operasi kelopak mata. Min Hyo Rin, Park Hyo Shin, dan Goo Hara juga mengakui hal yang sama bahwa ia pernah melakukan operasi kelopak mata ganda.

foto: koreaboo.com

(Baca juga: 5 Kisah Nyata Pasangan Seleb Hollywood yang Paling Mengharukan!)