7 Manfaat dari Ampas Teh untuk Kecantikan yang Mungkin Enggak Kita Sangka!

By Ifrani Rani, Selasa, 5 Juni 2018 | 21:12 WIB
Kompas.com (Ifrani Rani)

Setelah menyeduh teh, biasanya apa yang akan kamu lakukan dengan ampasnya? Biasanya, pasti kita akan langsung membuang ampas tersebut. Padahal ampas teh itu bisa kita manfaatkan untuk merawat kecantikan kita. Banyak Khasiat tersembunyi dari ampas teh yang belum banyak kita ketahui, terutama untuk kecantikan.

Apa saja? Yuk, kita simak!

1. Membuat Kulit Terlihat Lebih Muda

Sebuah penelitian pada tahun 2003, menunjukkan bahwa teh hijau memiliki khasiat untuk meremajakan kulit dengan cara mencerahkan warna kulit, menghilangkan flek hitam akibat polusi yang menempel pada wajah, dan juga mengangkat sel mati.

Caranya, Ambil ampas dari 2 kantong teh yang sudah di pakai. Kemudian tambahkan 1-2 sendok madu, campuran perasan lemon. Setelah semua tercampur dengan sempurna, kemudian oleskan secara merata pada wajah, tunggu selama 5-10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang baik, gunakan masker ini sekali atau dua kali seminggu. 

2. Menghilangkan Kantung Mata

Dalam teh terkandung antioksidan dan tanin yang mampu mengatasi kantung mata. Tidak hanya itu ampas teh juga bisa mengecilkan pembuluh darah halus di bawah mata penyebab mata bengkak akibat kantung mata. Vitamin K dalam teh hijau juga membantu menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Caranya, masukkan 2 kantong teh hijau yang sudah terpakai ke dalam lemari es selama 30 menit. Setelah dingin, letakkan kantong teh di kelopak mata yang tertutup, dan diamkan selama 30 menit. Untuk hasil yang sempurna lakukanlah 2 kali dalam sehari.

3. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan dalam teh hijau dapat membantu kita mencegah muculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kulit kendur, garis-garis halus, kerusakkan akibat sinar matahari, flek hitam, bintik-bintik penuaan, dan kerutan. Kandungan polifenol dalam teh hijau juga akan membantu kita menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakkan signifikan pada kulit dan mempercepat proses penuaan.

Caranya, campurkan 3 sendok makan yogurt tawar, 1 sendok makan ampas teh hijau, dan sejumput bubuk kunyit dalam sebuah wadah. Kemudian oleskan secara merata pada wajah dan leher, diamkan selama 20 menit dan bilaslah dengan air hangat. Gunakan masker ini 1-2 kali dalam seminggu.

4. Mengatasi Jerawat

Zat Katekin dalam teh hijau berperan sebagai agen antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Katekin bahkan membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, yang menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Kandungan anti-inflamasi dari teh hijau juga membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Caranya, campurkan ampas teh dengan sedikit air sampai mengental, kemudian oleskan di bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5. Sebagai Toner

Ampas teh mampu membantu membersihkan kotoran yang tersumbat, mengecilkan pori-pori, dan membantu menjaga kulit kita dari dehidrasi. 

Caranya, Seduh teh dengan air hangat, diamkan sampai dingin. Tambahkan minyak esensial. Kemudian letakkan air campuran minyak dan teh tadi kedalam botol semprot yang bersih. Penggunaannya, semprotkan campuran tadi langsung ke wajah, atau semprotkan ke kapas dan usapkan kewajah. Toner ini akan lebih nyaman di gunakan jika di letakkan didalam lemari pendingin. 

6. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain untuk merawat kecantikkan wajah, Ampas teh juga bisa untuk mengatasi rambut rontok, dan mencegah masalah rambut yang umum, seperti kulit kepala kering dan ketombe.

Caranya adalah setelah mencuci rambut, bilaslah dengan air yang berisi ampas teh hijau yang sudah dingin. Pijat dengan lembut hingga menyerap kedalam kulit kepala. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

7.  Membantu Proses Pengelupasan Kulit

Tekstur kasar dari daun teh kering akan membantu proses pengelupasan kulit kita untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati, dan kotoran lainnya.

Caranya, campurkan satu sendok ampas teh hijau yang sudah di keringkan, satu cangkir gula, 1/2 cangkir minyak zaitun dan 2 sendok makan madu. Oleskan pada wajah atau badan dengan gerakkan memutar, lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih baik gunakan scrub wajah ini 1-2 kali dalam seminggu.