Ilmu Pengetahuan Coba Menjawab Kenapa Coklat Disukai Banyak Orang

By Indra Pramesti, Rabu, 6 Juni 2018 | 13:30 WIB
(Indra Pramesti)

Siapa sih yang enggak suka coklat? Mau dijadiin camilan, diolah jadi kue, bahkan minuman panas pasti tetap aja banyak yang suka. Penasaran kenapa? Ilmu pengetahuan coba menjawab kenapa coklat disukai banyak orang. Yuk, disimak.

(Baca juga: 6 Makanan Ini Ampuh Menghilangkan Jerawat. Wajib Coba!)

Kecintaan manusia terhadap makanan yang manis dan mengandung gula sudah ada sejak dulu. Makanan yang mengandung gula bisa memberi kita energi lebih. Nah, gula yang terkandung di dalam coklat ini akhirnya memicu kita buat menyukainya. Ini karena alam bawah sadar kita memberi pesan bahwa gula adalah zat yang sangat kita butuhkan.

Coklat mengandung theobromine yakni sebuah zat yang memilki efek yang sama seperti kafein. Zat ini mampu membuat coklat jadi terasa lebih enak. Enggak heran, ketika makan coklat, kita selalu ketagihan buat makan lagi dan lagi.

Manusia selalu dikaitkan dengan makanan yang mengandung lemak (fat) karena, seperti gula, zat ini menyediakan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain itu, makanan yang mengandung lemak juga meninggalkan efek buttery pada mulut, yang menurut penelitian sangat digemari banyak orang. (Psych2Go)

(Baca juga: Ungkap Kepribadian Berdasarkan Makanan Italia Favorit. Cocok Sama Kamu?)