5 Alasan Korban Pelecehan Seksual Memilih Diam, Kenapa Ya?

By Indra Pramesti, Kamis, 7 Juni 2018 | 21:45 WIB
school 2017 ()

Meski pun banyak orang yang menjadi korban pelecehan seksual, enggak sedikit di antaranya yang masih memilih bukam. Sebenarnya kenapa ya?

(Baca juga: 5 Hal yang Perlu Cowok Tahu Soal Kekerasan & Pelecehan Seksual)

Malu

Banyak korban pelecehan seksual memilih bungkam karena malu dengan kejadian yang menimpanya. Hal ini seringkali dipicu oleh anggapan dari lingkungan sosial yang kerap nge-judge si korban.

Enggak Punya Bukti

Korban pelecehan seksual juga sering bungkam karena enggak memiliki cukup bukti. Ditambah lagi hingga saat ini belum ada sanksi pidana bagi pelaku pelecehan terhadap perempuan. Korban pun jadi merasa pesimis atau percuma karena menganggap pasti enggak ada tanggapan.

Takut

Takut juga menjadi alasan kenapa banyak korban yang memilih bungkam. Ternyata masih banyak korban yang merasa ketakutan dengan dampak yang mungkin terjadi.

(Baca juga: Curhat Cewek yang Mengalami Pelecehan Seksual dari Pacarnya, Sedih Banget!

Enggak Tahu Kebijakan

Pelecehan seksual sering terjadi di tempat-tempat yang sebenarnya enggak asing dengan kita, seperti sekolah, tempat ibadah, tempat kursus, atau tempat kerja. Sayangnya, banyak korban yang memilih diam karena minimnya kesadaran untuk memberi kebijakan pada tindak pelecehan seksual di tempat-tempat tersebut.

Khawatir Masalah Makin Membesar

Dengan melapor atau menceritakan pelecehan seksual yang dia alami, korban sering merasa khawatir jika kejadian tersebut akan semakin tersebar dan akhirnya membuat ‘aib’ bagi keluarganya.

(Baca juga: 5 Seleb Hollywood Cowok Ini Pernah Terlibat Kasus Pelecehan Seksual)