Ternyata Kepribadian Narsistik Bisa Dilihat dari Fitur Wajah Ini!

By Andien Rahajeng, Jumat, 8 Juni 2018 | 16:40 WIB
()

Istilah narsistik sering digunakan di keseharian kita. Biasanya kita pakai untuk menyebut orang yang memandang dirinya lebih dari orang lain. Padahal sebenarnya narsistik adalah kondisi mental yang perlu didiagnosa secara klinis.

Enggak ada jawaban pasti untuk pertanyaan “bagaimana kita tahu seseorang narsistik?”, tapi menurut hasil penelitian terbaru ada satu fitur wajah yang bisa menandakan seseorang memiliki kepribadian ini. Bisa tebak apa?

(Baca juga: Bongkar Ciri-Ciri Cowok Narsistik. Jangan Sampai Kita Jadi Korbannya!)

Jawabannya adalah alis! Yup, Business Insider melaporkan bahwa hasil dari penelitian terbaru, yang dirilis dalam Journal of Personality, menemukan bahwa orang dengan alis yang lebih tebal, lebat, dan bentuk yang tegas punya kemungkinan lebih besar berkepribadian narsistik dibandingkan dengan yang memiliki alis lebih tipis.

Dalam penelitian yang berjudul “Eyebrows Cue Grandiose Narcissism” ini beberapa volunteer diminta untuk melihat sekumpulan foto dari orang-orang yang pernah mengikuti tes kepribadian narsistik (the Narcissistic Personality Inventory). Anehnya, para volunteer ini berhasil mengidentifikasi siapa saja yang kepribadiannya termasuk dalam spektrum Grandiose Narcissism (narsistik klinikal level berat) tanpa diberi petunjuk apapun, dan hanya menentukan dari bentuk alisnya.

(Baca juga: 5 Tipe Cewek yang Sering Menjadi Korban Sasaran Cowok Narsistik

Bagian kedua dari eksperimen ini lebih aneh lagi. Kali ini, para volunteer hanya diberikan foto alis dari setiap subjek penelitian. Dan mereka tetap bisa menebak dengan cukup akurat siapa saja yang kepribadiannya narsistik. Bahkan saat para peneliti mem-Photoshop gambar alis ini ke orang-orang yang bukan narsistik, para volunteer tetap mengasosiasikan bentuk alis ini dengan orang narsistik.

Menurut Miranda Giacomin, ketua peneliti dari University of Toronto, bentuk alis yang tegas, tebal, dan lebat bisa saja dikaitkan dengan kepribadian narsisitik. Salah satu tanda dari orang narsistik adalah mereka sangat suka jadi pusat perhatian. Alis yang tegas tentu saja bisa menarik perhatian lebih jika dibandingkan dengan alis tipis.

(Baca juga: Konspirasi Grup Narsistik Saat Nge-Bully Orang Lain. Jangan Sampai Kita Menjadi Korbannya)

Tapi perlu diingat bahwa enggak semua orang dengan bentuk alis seperti ini bisa langsung kita sebut narsistik ya. Apalagi beberapa tahun ini alis yang tebal jadi trend kecantikan yang jadi favorit banyak orang. Untuk mengetahui seseorang narsistik atau bukan, kita bisa melihat dari sifatnya dan diagnosa klinis dari psikolog.