8 Hal yang Pasti Pernah Dialami oleh Fans Kpop Lama. Setuju?

By Kinanti Nuke Mahardini, Sabtu, 16 Juni 2018 | 14:55 WIB
foto: soompi.com ()

Perkembangan musik kpop dari waktu ke waktu mengalami kemajuan pesat ya, girls. Sebagai fans kpop, kita sudah bisa melihat penampilan grup kita dan berbagai saluran berbayar maupun tidak di internet. Foto-foto bias favorit juga bisa kita lihat melalui fancafe.

Sebelum semaju seperti sekarang ini, ternyata fans kpop harus melakukan banyak hal agar bisa melihat artis idola. Berikut 8 perjuangan fans kpop lama dan hal yang pasti pernah mereka alami.

(Baca juga: 6 Seleb Kpop Cewek yang Lahir dan Pernah Tinggal di Amerika. Ada Idola Kamu?)

Internet yang masih lambat

Internet yang lambat membuat streaming tidak berjalan lancar ya, girls. Sebentar-sebentar pasti video akan terhenti karena buffering. Hal ini tentu bikin kita bete karena melihat idola favorit menjadi terhambat. Makanya, beberapa dari kita terkadang lebih memilih untuk mengunduh video di sekolah atau di warung internet (warnet) yang kemudian akan kita tonton di rumah. Jika enggak mau ribet, kita lebih memilih untuk membeli video kpop di toko yang menyediakan poster kpop.

Menjadi melek teknologi

Agar kita bisa melakukan download yang lebih cepat, fans kpop lama biasanya akan belajar bagaimana cara menggunakan Clubbox atau Mediafire. Cara mendapatkan aplikasi tersebut secara gratis menggunakan crack juga akan dipelajari oleh fans kpop demi bisa mengunduh video oppa dan menontonnya. He-he.

Cyworld

foto: soompi.com

Sebelum ada fancafe, masyarakat Korea biasa menggunakan Cyworld. Cyworld merupakan media sosial pertama yang ada di Korea. Seleb kpop akan berinteraksi dengan fans melalui cyworld ini dan kita yang ingin mengikuti wajib menyertakan nomor registrasi penduduk atau jika di Indonesia, nomor kartu tanda penduduk.

(Baca juga: 7 Seleb Kpop yang Diharapkan Jadi Teman Mudik Lebaran. Kamu Setuju?)

Video dengan kualitas rendah

Jangankan video dengan kualitas 1080p, 720p dahulu sangat jarang ditemukan. Sekitar tahun 2008, video yang beredar di YouTube hanya memiliki kualitas pixel enggak lebih dari 480p. Jadi, video yang kita lihat hanya 360p taua 480p.

Gambar tidak ditemukan secara bebas

Gambar bias kesayangan mungkin kini bisa kita akses sendiri di media Korea seperti dispatch. Dahulu, gambar selebiriti hanya dimiliki oleh fansite master-nim. Sehingga kita harus meminta gambar tersebut ke master-nim. Enggak jarang gambar-gambar tersebut berbayar, lho.

Tidak ada album digital

Sebelum ada album digital, jika kita ingin mendengarkan musik favorit kita, kita harus melakukan copy terhadap CD album kita di komputer, kemudian kita bisa masukan di ipod kesayangan kita.

Saat ini memang kita bisa mengakses segala sesuatu dengan mudah melalui internet ya, girls. Namun, satu hal yang enggak boleh kita lupakan ialah gunakan internet secara bijak. Jangan pernah melanggar hak cipta dari sesuatu, apalagi digunakan untuk sesuatu yang komersil. Jadilah fans kpop yang bijak. Menghargai segala sesuatu yang ada di internet, berarti juga menghargai oppa kesayangan kita. he-he.

(Baca juga: Yuk Catat Tanggal Debut dan Comeback Seleb Kpop di Juni 2018!)