Enggak Perlu Lagi Memercayai 4 Mitos Tentang Catokan Ini, Lho!

By Marcella Oktania, Kamis, 14 Juni 2018 | 14:10 WIB
memakai catokan (listtop10s.com)

Untuk membuat rambut kita terlihat rapi, biasanya kita men-styling-nya dengan catokan. Enggak heran kalau banyak dari kita sering memakai catokan, bahkan hampir setiap hari.

Tapi, kita terkadang suka takut kalau catokan benar-benar bisa merusak rambut kita. Untuk itu, coba ketahui 4 mitos tentang catokan yang harus kita lupakan sekarang!

(Baca juga: 5 Hal Ini Bisa Mencegah Rambut Kita Rusak dari Panas Catokan)

1. Catokan menyerap semua kelembapan rambut kita

memakai catokan

Kita mengira panas bakalan menyerap air/kelembapan rambut kita. Padahal, kalau kita menggunakan catokan dengan bahan keramik, hal ini enggak bakalan terjadi lagi. Malah, catokan dengan bahan keramik akan menyimpan kelembapan rambut lebih baik saat dipakai, lho!

2. Kita butuh catokan berbeda untuk setiap tekstur rambut

memakai catokan

Bukan catokannya yang berbeda, tapi cara kita mencatok rambut yang berbeda. Apapun tekstur rambut kita dan keluarga atau teman kita, sebenarnya kita hanya butuh satu jenis catokan. Tapi, bagi rambut kita ke dalam bagian yang lebih kecil semakin kasar dan tebal rambut kita, nih.

3. Kita butuh panas yang tinggi kalau rambut semakin kasar dan tebal

Memakai catokan

Kalau rambut kita sangat kasar dan tebal, bukan berarti kita harus memakai panas yang tinggi di catokan kita. Cara ini malah bikin rambut rusak, girls. Untuk itu, apapun jenis dan tekstur rambut kita, pastikan kita enggak menggunakan panas yang tinggi, tapi secukupnya. Jauhi juga panas tertinggi, ya.

4. Catokan dengan bahan keramik enggak bakal merusak rambut

memakai catokan

Walaupun catokan dengan bahan keramik memang lebih disarankan daripada menggunakan yang berbahan plastik atau metal, tapi bukan berarti catokan dengan bahan keramik enggak bisa merusak rambut kita. Oleh karena itu, gunakan panas yang sewajarnya, ya.

(Baca juga: Lakukan 6 Langkah Ini Agar Hasil Catokan Tahan Sepanjang Hari)