Ini 5 Cara Ampuh Mencegah Jerawat Muncul di Kulit Kepala Kita

By Marcella Oktania, Sabtu, 16 Juni 2018 | 19:30 WIB
rambut (healthline.com)

Sama seperti kulit wajah, terkadang kulit kepala kita juga bisa berjerawat kalau enggak dirawat dengan baik. Biasanya, kulit kepala bisa berjerawat karena terlalu kotor dan makanan yang kita konsumsi.

Oleh karena itu, coba 5 cara ampuh mencegah jerawat biar enggak muncul lagi di kulit kepala kita!

(Baca juga: 5 Alasan Kenapa Kita Wajib Mengeksfoliasi Kulit Kepala)

1. Pastikan rambut dan kulit kepala selalu bersih

keramas

Tapi, bukan berarti kita harus keramas setiap hari. Terlalu bersih juga bakalan membuat kulit kepala kita memproduksi minyak berlebih dan akhirnya muncul jerawat.

2. Segera keramas setelah olahraga

berkeringat

Setelah berolahraga, terutama olahraga yang intens, kita pasti bakalan berkeringat, enggak terkecuali kulit kepala kita. Kalau dibiarkan, jerawat bakalan muncul, karena kulit kepala kita berminyak dan bercampur keringat, menjadikannya benar-benar kotor. Oleh karena itu, pastikan kita langsung keramas setelah berolahraga, ya.

3. Hindari menggunakan produk rambut berlebihan

memakai hair spray

Terkadang, menggunakan hair spray atau gel rambut diperlukan biar rambut kita terlihat lebih keren. Tapi, terlalu lama, berlebihan, dan sering menggunakan produk rambut bisa jadi membuat kulit kepala kita berjerawat. Ini terjadi bisa jadi karena residu dari hair spray dan gel rambut bisa jadi masih menempel di kulit kepala dan rambut kita selama berhari-hari, dan akhirnya menyebabkan jerawat!

4. Gunakan headgear yang longgar

headgear

Headgear atau aksesoris kepala, seperti helm atau topi lebih baik kalau dicari yang longgar, sehingga bisa membuat kulit kepala kita bernapas dan enggak menimbulkan jerawat.

5. Diet yang tepat

cup cakes

Diet yang tepat sangat berpengaruh juga terhadap kondisi kulit kepala kita. Pastikan kita enggak mengonsumsi makanan penyebab jerawat untuk mengurangi peluang munculnya jerawat di kulit kepala kita. Mengurangi konsumsi karbohidrat juga langkah yang tepat, lho.

(Baca juga: Ini 5 Vitamin yang Harus Kita Konsumsi Biar Rambut Cepat Panjang!)