10 Fakta di Balik Kebudayaan Korea Selatan yang Jarang Kita Ketahui

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 20 Juni 2018 | 10:20 WIB
Fakta tentang Korea Selatan yang sebelumnya kita enggak tahu (foto: soompi)

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang memiliki budaya paling lestari di dunia. Hampir seluruh kebudayaan di negara tersebut masih dipertahankan hingga detik ini.

Berikut 10 fakta di balik kebudayaan unik Korea Selatan yang jarang kita ketahui.(Baca juga: Ternyata Jennie ‘BLACKPINK’ Girl Crush dari 5 Seleb Korea Cowok Ini!) Usia Korea yang berbeda dengan usia internasional Di negara luar Korea, jika kita bertanya berapa usia orang yang baru kita kenal tentu dianggap enggak sopan ya, girls. Namun, di Korea sendiri, usia adalah hal pertama yang ingin diketahui dari kita ialah usia karena usia mempengaruhi gaya berbicara dan sopan santun dari orang tersebut teradap kita. Jika kita lebih tua, mereka akan menggunakan bahasa formal, namun jika kita lebih muda, mereka memilih menggunakan bahasa informal.

Usia di Korea satu tahun lebih tua dari usia internasional. Soalnya, usia kita selama dalam kandunngan telah dihitung sebagai tahun pertama. Selain itu, jika sudah memasuki tahun baru imlek,usia kita juga akan bertambah satu tahun. Sehingga usia Korea biasanya satu hingga dua tahun lebih tua dibanding usia internasional.Tingkat bahasa

Seperti poin pertama, usia yang kita miliki akan mempengaruhi bagaimana cara kita berinteraksi dan berbicara. Bahasa Korea ternyata memiliki 7 tingkat bahasa yang harus kita gunakan untuk orang yang lebih muda, sebaya, dan lebih tua. Namun, pengguna bahasa Korea pemula diperbolehkan menggunakan tiga tingakat bahasa, yakni formal, sopan, dan informal. Uniknya, tingkatan bahasa masih digunakan di Korea hingga detik ini.

Pertanyaan pribadi sering diajukan

Usia,penghasilan, status perkawinan menjadi pertanyaan yang sangat sensitif ditanyakan di luar Korea. Namun, orang Korea justru akan menanyakan hal ini karena dengan mengetahui status sosial dan hal pribadi tentang kita, mereka bisa berbicara lebih hati-hati dan menghindari topik sensitif yang berkaitan dengan jawaban atas pertanyaan pribadi kita.

Adanya wajib militer

Fakta tentang Korea Selatan yang sebelumnya kita enggak tahu

Beberapa negara selain Korea Selatan menetapkan bahwa wajib militer adalah bersifat sukarela, namun tidak di Korea Selatan. Setiap laki-laki di Korea Selatan yang berusia 18 hingga 35 tahun harus melaksanakan wajib militer.Hal ini disebabkan karena Korea Selatan masih bersitegang dengan Korea Utara, sehingga peraturan wajib militernya berbeda. Pada 29 Mei lalu, Korea bahkan melakukan amandemen pada hukm wajib militernya yang mengatakan bahwa laki-laki Korea berusia 25 hingga 27 tahun dapat meninggalkan Kore dengan izin dari negara.

Membungkuk di Korea Selatan

Fakta tentang Korea Selatan yang sebelumnya kita enggak tahu

Membungkuk merupakan bagian dari etika sosial yang harus dilaksanakan di negara ini. Di Korea, membungkuk adalah cara menunjukan rasa hormat, terima kasih,ucapan selamat datang bahkan selamat tinggal. Semakin dalam bungkukan seseorang, berarti semakin formal maksud dari bungkukan tersebut.

(Baca juga: 7 Idol Kpop Cewek yang Paling Menawan dan Cocok Menjadi Boneka Barbie)

Golongan darah penting di negara tersebut

Fakta tentang Korea Selatan yang sebelumnya kita enggak tahu

Menurut orang Korea, golongan darah bisa menunjukan kepribadian kita, sama seperti zodiak dalam astrologi. Enggak bisa dipungkiri dalam berbagai kesempatan, fans kpop biasanya akan mencari zodiak idola mereka agar mereka bisa mengetahui bagaimana kepribadian idola mereka, termasuk mengetahui apa yang mereka sukai.

Pakaian couple

Fakta tentang Korea Selatan yang sebelumnya kita enggak tahu

Memberi tahu pada publik tentang hubungan yang sedang dimiliki dianggap cool bagi orang Korea. Enggak heran, pasangan di Korea akan menggunakan pakaian, sepatu, bahkan jam tangan yang sama.

Makser di Korea

Fakta tentang Korea Selatan yang sebelumnya kita enggak tahu

Masker digunakan jika kita sedang sakit atau flu, namun di Korea sendiri masker dianggap sebagai salah satu aksesoris fashion. Selain itu, masker di Korea ternyata digunakan untuk menghindari mata, hidung, dan wajah dari iritasi debu. Iritasi akan membuat mereka tidak percaya diri dan akhirnya mengenakan masker adalah suatu keharusan.

Kotoran dianggap lucu

Fakta tentang Korea Selatan yang sebelumnya kita enggak tahu

Kotoran atau poo dianggap membawa keberuntungan di Korea. Dalam suatu masa di Korea, pernah ada pengobatan menggunakan kotoran manusia dan banyak penyakit yang sembuh karena kotoran tersebut. Enggak heran, kotoran dianggap membawa keberuntugan di Korea.

Aegyo

Bertindak imut dan menggemaskan menjadi populer di Korea karena dianggap sebagai salah satu cara memikat orang lain.(Baca juga: Sama Kayak Kita, 10 Idol Kpop Ini Nge-Fans Sama Seleb Luar Negeri!)