9 Hal yang Harus Dilakukan Demi Hubungan yang Langgeng, Meskipun Berat

By Andien Rahajeng, Rabu, 20 Juni 2018 | 14:45 WIB
(asiachan.com)

Mempertahankan sebuah hubungan pacaran bagi beberapa orang memang enggak selalu mudah. Akan ada pengorbanan yang harus dilakukan. Meskipun berat, sebenarnya 9 hal ini harus dilakukan demi hubungan yang langgeng. Apa saja?

(Baca juga: 9 Tanda Pacar Sebenarnya Enggak Peduli Sama Kita. Kamu Mengalaminya?)

Mandiri

Kita pasti pernah berpikir bahwa tujuan dari punya pacar adalah agar kita enggak merasa kesepian, tapi sebenarnya ini adalah mindset yang salah, lho. Untuk punya hubungan yang langgeng dan berhasil, kemandirian justru diperlukan. Sebelum memulai hubungan pacaran, kita harus sudah terbiasa mandiri dulu saat jomblo. Pacar bukan lah seseorang yang bisa kita andalkan untuk selalu mengisi kekosongan. Dia adalah pelengkap.

Melakukan usaha lebih

Akan selalu ada saatnya salah satu orang dalam sebuah pasangan harus melakukan usaha lebih. Bisa jadi kita, maupun pacar. Saat kita merasa ada perilaku yang enggak biasanya dari pacar, seperti tiba-tiba diam dan menjauh, tentu saja kita perlu melakukan usaha lebih untuk mendekatinya lagi. Enggak perlu gengsi kalau mau hubungan dengan pacar tetap berjalan dengan baik. Yang terpenting adalah kita berdua sama-sama berusaha.

Naksir cowok lain tanpa harus mendekatinya

Sejujurnya, meski sudah punya pacar, tentu kita pernah kan naksir cowok lain? Bisa jadi penampilannya yang menarik ataupun kepribadiannya yang charming. Apapun itu, kita harus sadar bahwa kita boleh aja “nge-fans” sama cowok lain, tapi enggak boleh melakukan sesuatu tentang perasaan kita.

(Baca juga:Yuk Bongkar 5 Alasan Yang Membuat Pacar Memilih Untuk Selingkuh)

Being vulnerable

Kalau kita pengin mempertahankan hubungan, kita harus terbuka soal perasaan kita. Enggak perlu gengsi dan tertutup. Ini justru bisa mem-filter apakah cowok ini yang terbaik untuk kita. Kalau dia enggak bisa menerima perasaan kita, dia akan pergi. Yang bisa kita lakukan adalah membiarkannya pergi, karena orang yang tepat lah yang akan tinggal.