Ini Perbedaan Sponge Makeup Basah & Kering Saat Diaplikasikan

By Marcella Oktania, Senin, 25 Juni 2018 | 13:00 WIB
Beauty blender (cherriesinthesnow.co.uk)

Saat ingin mengaplikan foundation ke wajah, biasanya kita disuruh membasahi sponge/beauty blender agar pengaplikasian lebih gampang. Padahal, sponge/beauty blender itu enggak selamanya harus dilakukan lho, girls! 

Sebenarnya, apa sih bedanya sponge/beauty blender basah dan kering? Yuk, simak perbedaannya berikut ini.

(Baca juga: Ini 7 Kesalahan yang Kita Lakukan Saat Menggunakan Beauty Blender)

beauty blender
Sponge/Beauty blender basah

Selain cocok untuk penggunaan foundation sehari-hari, sponge/beauty belneder basah juga dapat makeup kita lebih sheer. Hal ini sangat cocok buat kita yang memiliki masalah dengan kulit kering dan mengelupas. Karena penggunaan sponge/beauty blender basah membuat kulit kita jauh lebih lembap dan dapat meratakan makeup yang cakey sehingga lebih halus dan menyatu dengan kulit kita.

: Basahi sponge/beauty blender kita hingga merata dan peras sedikit agar kelebihan air bisa keluar. Eits, tapi jangan terlalu basah yang girls! karena sponge/beauty blender yang terlalu basah bakalan bikin pengaplikasian makeup lebih susah dan jelek.

Setelah itu, berikan foundation ke atas sponge/beauty blender dan aplikasikan ke wajah kita dengan cara ditepuk-tepuk berkali-kali hingga makeup merata ke seluruh wajah kita.

Setelah makeup merata dan sesuai dengan keinginan kita, blot wajah dengan tisu kering sehingga bisa menghapus kelebihan makeup yang tertinggal di permukaan kulit, sehingga wajah kita jadi lebih natural.

Beauty blender
Sponge/Beauty blender kering

Berbeda dengan sponge/beauty blender yang basah, sponge/beauty blender yang kering lebih cocok untuk kita yang memiliki kulit berminyak agar makeup enggak mudah luntur. Selain itu, penggunaan sponge/beauty blender kering ini akan lebih baik kita gunakan untuk menutupi macam flaw di wajah. Selain itu, sponge/beauty blender yang kering juga bisa mengaplikasikan makeup tanpa merusak makeup di bawahnya. Misalnya, kita sudah mengaplikasikan foundation dan ingin mengaplikasikan blush, sponge/beauty blender yang kering enggak bakal merusak tampilan foundation, lho.

: Berikan foundation ke atas sponge/beauty blender yang kering, lalu aplikasikan dengan cara digulung atau digulingkan di atas kulit kita, bukan digeser karena akan memberikan hasil tampilan yang jelek dan cakey. 

Terakhir, blot wajah kita dengan tisu kering, supaya kelebihan makeup yang berada di permukaan kulit bisa terhapuskan.

Kita juga bisa menggunakan sponge/beauty blender yang kering hanya untuk menutupi bekas jerawat. Jadi, setelah pengaplikasian makeup dengan sponge/beauty blender yang basah atau brush makeup, gunakan sponge/beauty blender yang kering untuk memberikan coverage ke area tertentu dengan cara ditepuk-tepuk dan dibaurkan dengan kulit. Hasilnya, wajah bakalan super flawless!

(Baca juga: Ini Hal Enggak Terduga yang Bisa Kita Lakukan dengan Beauty Blender)