Yuk Cari Tahu Kondisi Kesehatan Rambut Kita dengan Segelas Air!

By Marcella Oktania, Senin, 25 Juni 2018 | 09:32 WIB
Memegang rambut (buyitmarketplace.com)

Kita pasti sangat puas jika dapat tampil dengan rambut kita sangat halus, gampang diatur, dan lebih terlihat glowing. Namun, terkadang rambut kita juga susah diatur, megar dan rusak. Hal ini bisa jadi karena memang kita enggak tahu keadaan rambut kita yang sebenarnya, girls! 

Nah, ternyata ada cara gampang untuk mencari tahu apakah rambut kita benar-benar sehat atau rusak, hanya dengan memakai segelas air putih! Ikutin caranya berikut yuk! 

(Baca juga: Ini 7 Kebiasaan yang Membuat Rambut Kita Jadi Gampang Megar Berantakan)

rambut dalam air
1. Siapkan segelas air putih.

2. Keramas terlebih dahulu untuk memastikan rambut kita benar-benar bersih dari segala minyak, kotoran, dan produk rambut. Dengan begitu, hasilnya nanti akan lebih akurat.

3. Setelah itu, celupkan rambut kita ke dalam segelas air putih. 

Rambut dalam air

Melalui cara ini, kita dapat melihat tingkat porositas rambut kita. Semakin tinggi tingkat porositas rambut, tandanya rambut kita semakin rusak. Porositas rambut yang tinggi terjadi karena kutikula rambut kita penuh celah. Oleh karena itu, biasanya semakin kutikula rambut penuh celah, semakin rusak rambut kita.

Apabila rambut kita mengambang, tandanya rambut kita dalam keadaan yang bagus dan sehat. Enggak ada masalah pada kutikula rambut kita.

Apabila tenggelam, tandanya rambut kita akan lebih gampang mengembang, kusut, dan rusak. Kutikula rambut kita sangat berjarak dan kosong, enggak heran kalau rambut kita tenggelam dalam air.

Jika hal itu terjadi, tandanya rambut kita membutuhkan perawatan ekstra, seperti deep conditioning dan maskeran setiap minggu agar kutikula rambut terisi dan tingkat porositas rambut menurun. 

(Baca juga: Kesal Punya Rambut Kering? 5 Hairstyles Ini Bisa Kita Cobain!)