4 Konsep Musisi Luar Negeri yang Dianggap Plagiat Seleb Kpop

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 25 Juni 2018 | 12:45 WIB
()

Dalam sebuah industri musik, kesamaan nada dan konsep menjadi isu paling sensitif. Beberapa musisi luar negeri dituduh meniru konsep seleb kpop, begitu pula sebaliknya. Padahal, enggak bisa kita pungkiri bahwa inspirasi bisa datang dari mana saja. Berikut konsep musisi luar negeri yang dianggap plagiat seleb kpop:

(Baca juga: 10 Idol Kpop Paling Kharismatik Saat Berada di Panggung. Setuju?)

Rocket Girls

Produce 101 Cina untuk perempuan memang telah berakhir ya, girls. Grup bentukan survival show bernama Rocket Girls akan segera debut di bawah Tencent Entertainment dengan sembilan member termasuk Meiqi dan Xuanyi yang tidak lain adalah member dari grup kpop Cosmic Girls. Pada hari ini, 25 Juni 2018, Tencent Entertainment merilis video perkenalan untuk Rocket Girls. Sayangnya, video perkenalan mereka tidak mendapatkan respon positif dari publik karena konsep video mereka sangat mirip dengan video Yearbook 2 milik NCT. Fans kemudian menunjukan sejumlah bukti yang mengatakan bahwa video keduanya memang mirip. Mulai dari adegan menulis, pose, dan angle kamera yang diambil sama persis. Hingga berita ini tayang, belum ada konfirmasi resmi dari Tencent Entertainment.

Taylor Swift

Musisi Hollywood Taylor Swift pernah dituduh melakukan palgiat konsep grup kpop ternama, 2NE1. MV Tay Bad Blood memiliki kesamaan dengan MV milik 2NE1 untuk single yang berjudul Comeback Home. Dilansir dari dailymail.co.uk, kesamaan tersebut ada pada kembang api hingga teknologi masa depan yang digunakan oleh Tay. Meskipun menggunakan warna yang berbeda, namun fans tetap menyadari kemiripan di MV Tay dan 2NE1. Diketahui, sutradara dari Bad Blood milik Taylor Swift ialah sutradara keturunan Korea bernama Joseph Kahn.

(Baca juga: Lucunya Idol Kpop Menggunakan Style ‘Old School’. Bisa Ditiru, Girls!)

A Team

Mr. A Team merupakan grup kpop dari TV show bertajuk Fighting! Legendary Group. Terdiri dari tiga tim, yakni A, B, Dan C, mereka berjuang agar bisa debut. Tim A atau A Team yang menampilkan Mr. A Team ini dituduh melakukan plagiat dari konsep dan nada milik GOT7, Hand Carry. Kemiripan pertama ditunjukan dari musiknya yang merupakan gabungan hip hop dan electronic dance music. Kedua, lagu dibuka dengan rap dari member A Team padahal di Hand Carry sendiri lagu dibuka dengan rap dari Jackson. Dilansir dari koreaboo.com, pihak acara televisi Fighting! Legendary Group menyatakan bahwa lagu antara GOT7 dan A Team sangat berbeda.

Jukebox

Grup Amerika Latin bernama Jukebox dituduh meniru konsep dan lagu dari BTS. Tahun 2016, Jukebox merilis lagu yang berjudul Body Pillow yang nada dan lirik lagunya sama. Dilansir dari allkpop.com, Big Hit Entertainment tidak memberikan pernyataan resmi apakah Jukebox memang meniru BTS atau tidak.

Sebagai fans dan penikmat musik yang bijak, kita harus menunggu pernyataan resmi dari pihak terkait ya, girls. Bertindak anarkis seperti memberi komentar jelek pada grup yang dituduh meniru konsep seleb kpop favorit kita sangat tidak dibenarkan. Yuk jadi netizen yang bijak dengan tetap mendukung musisi dunia termasuk musisi kpop untuk berkarya!

(Baca juga: 3 Idol Kpop Asal Cina yang Semakin Seperti Orang Korea. Setuju?