3 Perbedaan Utama Trainee Jepang dan Korea. Bikin Enggak Nyangka!

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 26 Juni 2018 | 13:05 WIB
Perbedaan Trainee (Gambar : Amanda )

Pada 15 Juni lalu, acara Produce 48 yang menggabungkan trainee Jepang dan Korea resmi ditayangkan. Terdapat 96 trainee yang akan berjuang untuk debut sebagai girl group baru dengan 12 anggota. Selama penayangan Produce 48, publik banyak menemukan perbedaan budaya untuk trainee Jepang dan Korea. Berikut 3 perbedaan utama trainee Jepang dan Korea:

(Baca juga: Lucunya Idol Kpop Menggunakan Style ‘Old School’. Bisa Ditiru, Girls!)

Proses seleksi

Jika trainee Korea dipilih berdasarkan bakat mereka seperti menari atau menyanyi, ditambah dengan visual yang memukau, trainee Jepang dipilih beradasarkan apakah mereka bisa bertindak menggemaskan atau tidak di depan fans. Hal ini disampaikan oleh trainee Jepang bernama Imada Mina “Daripada menari, lebih penting bahwa idola Jepang itu imut.” Muto Tomu yang juga trainee Jepang menambahkan “Bagi kamu, lebih dari sekedar menari atau bernyanyi, tugas kami ialah menunjukan pada penggemar betapa menyenangkannya kami.”

Menjadi trainee

Perbedaan Trainee

Setelah proses seleksi, trainee Jepang akan dibiarkan untuk berlatih bernyanyi dan menari dengan sendirinya. Berbeda dengan trainee Korea yang dilatih menyanyi dan menari oleh agensi kita. Diungkapkan oleh Lee Hongki “Jika kita masuk dalam sebuah agensi, maka kita akan dilatih oleh agensi kita. Namun, mereka akan berlatih sendiri.”

Debut yang cepat

Perbedaan Trainee

Masa trainee di Jepang tergolong sangat singkat dibanding dengan masa pelatihan trainee Korea yang membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Hal ini diungkapkan oleh Takada Kenta “Umumnya, idola Korea memiliki masa pelatihan yang panjang dan akan debut jika sudah mahir, tetapi idola Jepang akan mengembangkan keterampilan mereka setelah debut sembari berinteraksi dengan penggemar.”

Bonus

Selain itu, beberapa agensi Korea Selatan melarang trainee mereka untuk menggunakan media sosial pribadi. Bahkan setelah debut, idol kpop ini dilarang untuk menggunakan smartphone. Hal ini berbading terbalik dengan idola Jepang yang harus memiliki media sosial karena media sosial merupakan salah satu media interaksi mereka dengan fans.

(Baca juga: 3 Idol Kpop Asal Cina yang Semakin Seperti Orang Korea. Setuju?)