Ternyata Trend Tiny Glasses Enggak Baik Untuk Kesehatan Mata Kita. Ini Alasannya!

By Andien Rahajeng, Selasa, 26 Juni 2018 | 13:10 WIB
(teenvogue.com)

Beberapa bulan terakhir, trend tiny glasses menjamur banget di kalangan seleb maupun fashion enthusiast biasa. Mulai dari Kendall Jenner, Bella Hadid, sampai kita sendiri pun punya seenggaknya sepasang tiny glasses. Ternyata trend ini "dicetuskan" Kanye West pada Kim Kardashian di sebuah episode Keeping Up With The Kardashians awal Januari 2018 silam.

(Baca juga: Pengin Terlihat Elegan saat Berhijab, Walau Harus Menggunakan Kacamata? Intip 6 Tips Berikut Ini)

Meski jadi favorit banyak orang dan trend ini diprediksi akan bertahan lama, ternyata kacamata hits ini bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan mata kita. Ophthamologist dari Houston Methodist Hospital, Rahul Pandit, MD menyampaikan pada Health.com “Frame kacamata yang kecil membuat mata kita lebih terekspos pada sinar matahari.”

Risiko katarak dan degenerasi makula meningkat karena mata kita terekspos lebih banyak sinar UV berbahaya. Degenerasi makula adalah penurunan penglihatan pusat. Bila ini terjadi, kemampuan mata kita memandang lurus ke depas jadi melemah.

(Baca juga: Jika Merasakan 5 Tanda Ini, Itu Artinya Kita Perlu Mengganti Kacamata

Selain itu, posisi pemakaian tiny glasses juga enggak seperti kacamata hitam pada umumnya. Kacamata hitam biasa yang berukuran lebih besar biasanya dipakai di pangkal hidung, sehingga kedua mata kita benar-benar dilindungi lensa. Di sisi lai, kalau kita perhatikan beberapa seleb dan influencers, mereka lebih suka memakainya agak rendah atau di batang hidung. Ini semakin membuat mata kita enggak terlindungi sama sekali.

(Baca juga: Pengin Tampil Kece ala Selebgram Indonesia? Wajib Punya 10 Kacamata Stylish Ini!

Jadi, tiny glasses ini sebenarnya murni hanya berfungsi sebagai aksesoris saja. Kita enggak bisa mengandalkannya untuk melindungi mata kita saat berlibur ke tempat yang cuacanya panas. Kalau tetap pengin mengikuti trend ini, baiknya kita sekalian beli yang sudah dilengkapi lensa dengan perlindungan UV. Memang harganya pasti lebih mahal. Tapi kesehatan mata kita jauh lebih berharga dari trend fashion yang enggak akan bertahan selamanya, girls.