7 Kejadian Paling Bersejarah dan Enggak Terlupa di Piala Dunia

By Kinanti Nuke Mahardini, Kamis, 28 Juni 2018 | 15:55 WIB
foto: foxsport.com ()

Sesuai namanya, Piala Dunia merupakan kompetisi sepak bola yang mempertemukan berbagai negara untuk bertanding dan tentunya memperbutkan gelar juara. Dari tahun ke tahun selalu ada cerita menarik dari gelaran Piala Dunia. Berikut 7 kejadian paling bersejarah dan enggak terlupa di Piala Dunia:

(Baca juga: Menurut Netizen Korea, Mereka Ingin Menjadi 4 Idol Kpop Ini Jika Terlahir Kembali)

Maradona ‘god hands’

Pertandingan Argentina melawan Inggris pada tahun 1986 menjadi hal yang paling tidak terlupakan saat Maradona mencetak gol. Saat itu, kiper dan pemain Inggris mempercayai bahwa Maradona melakukan hands ball saat menciptakan gol. Namun, wasit mengesahkan karena Maradona terlihat mencetak gol dengan melakukan sundulan. Hingga kini, kebenaran dari gol tersebut tidak diketahui dan Maradona akhirnya mendapat julukan god hands dari publik.

Kartu merah David Beckham

foto: foxsport.com

Saat membela Inggris melawan Argentina, David Beckham terpaksa harus meninggalkan pertandingan karena wasit pertandingan saat itu, Kim Milton Nielsen memberinya kartu merah setelah Beckham menendang Diego Simone. Hal tersebut menjadi momen yang paling enggak terlupakan karena di puncak karirnya, Beckham tidak dapat membela negaranya dan Inggris juga harus menelan kekalahan atas Argentina.

Zidane Zidane membenturkan kepalanya ke Materazzi

foto: foxsport.com

Tahun 2006, Perancis terpaksa bermain dengan sepuluh pemain setelah Zidane Zidane diberi kartu merah oleh wasit. Saat itu, Zidane membenturkan kepalanya pada Marco Materazzi setelah keduanya terlibat adu mulut. Banyak rumor yang beredar tentang masalah pribadi keduanya, namun masalah ini menjadi masalah yang paling tidak bisa dilupakan oleh publik.

Pemain Rumania dengan rambut blonde

foto: foxsport.com

Pada Piala Dunia tahun 1998, Rumania berhasil mengalahkan Kolombia dan Inggris. Agar Rumania makin memiliki semangat membara, pelatih Anghel Lordanescu kemudian mengecat blonde rambut semua Pemain Rumania. Hal ini sempat membingungkan komentator karena semuanya terlihat sama. He-he!

(Baca juga: 11 Idol Kpop Paling 'Kecil' Namun Tetap Mencuri Hati. Ada Bias Kamu?)

Roger Mila flag dance

Roger Mila dinobatkan sebagai man of the match pada beberapa pertandingan di Piala Dunia 1990 setelah dirinya berhasil membawa Kamerun juara atas Argentina dan Rumania. Bahkan, Roger Mila juga membawa negaranya masuk ke perempat final padahal negaranya tidak dijagokan. Selebrasi Roger Mila menjadi momen yang bersejarah dan banyak juga yang melakukan selebrasi yang sama.

Perancis menang di kandang sendiri

foto: foxsport.com

Tahun 1998, Perancis berhasil meraih kemenangan di kandang sendiri. Seperti yang kita ketahui, tahun 1998, Piala Dunia diselenggarakan di Perancis. Negara ini mengalahkan Brasil, Belanda, dan Kroasia.

Korea Selatan mengalahkan Jerman

foto: bbc.co.uk

Piala Dunia 2018 enggak boleh kita lupakan, khususnya pertandingan Korea Selatan dengan Jerman. Berhasil menekuk Jerman dengan skor 0-2, Korea Selatan masuk ke 16 besar Piala Dunia bersama Meksiko, rekannya di grup F. Kemenangan Korea Selatan seolah membuktikan kutukan bahwa Jerman tidak akan pernah menang di Rusia, seperti Perang Dunia. Enggak hanya itu, Jerman yang juga juara di tahun 2014 seolah membuktikan bahwa kutukan juara Piala Dunia tidak akan berulang.

(Baca juga: 3 Idol Kpop yang Kini Paling Menjadi Pusat Perhatian Publik Korea)