‘Iklan Ulang Tahun’ Idol Kpop Tidak Ada Mulai Tahun Depan. Kenapa?

By Kinanti Nuke Mahardini, Senin, 9 Juli 2018 | 14:00 WIB
()

Buat kita yang pernah mengunjungi Korea Selatan atau fans dari idol kpop pasti tahu betul saat idola kita ulang tahun, maka fans akan memberikan ucapan selamat kepada mereka melalui iklan ulang tahun yang biasanya dipasang di tempat strategis, seperti stasiun. Jika tidak ada jadwal, idol kpop yang bersangkutan akan mendatangi tempat tersebut dan berterima kasih pada fans. Sayangnya, mulai tahun 2019, iklan tersebut sudah tidak diperkenankan tayang di berbagai stasiun kereta bawah tanah. Berikut informasi tentang iklan ulang tahun yang akan dihilangkan:

(Baca juga: 5 Soundtrack Drama Korea yang Enggak Terlupakan, Setuju?)

Iklan ulang tahun adalah promosi

Iklan ulang tahun idol kpop termasuk dalam iklan opini. Iklan opini sendiri memiliki pengertian yang sama dengan iklan promosi tempat banyak orang melakukan pendapat tentang ideologi, politik, bahkan agama. Meskipun iklan opini dianggap memberi banyak keuntungan karena informasi yang diterima masyarakat menjadi lebih banyak, namun iklan opini juga terkadang menjadi kontorversional dan menyebabkan perpecahan.

Sebagai contoh, presiden Korea Selatan Mon Jae In saat berulang tahun mendapatkan iklan opini dari masyarakat yang mendukungnya. Iklan opini tersebut diletakan di stasiun subway di Seoul. Meskipun banyak yang berfoto dengan iklan opini tersebut namun banyak juga yang menganggap iklan ulang tahun Mon Jae In tidak pantas karena mengandung gerakan politik.

Efektif mulai tahun depan

Pemimpin dari Seoul Metro, Kim Tae Ho mengungkapkan bahwa iklan opini yang ada akan dihilangkan mulai tahun depan, termasuk ulang tahun idol kpop. Selain itu Kim Tae Ho juga mengungkapkan bahwa “Kereta bawah tanah adalah sarana transportasi dan kami ingin semua mendapat kenyamanan bukan kontroversi.”

Pro dan kontra

Iklan opini nantinya akan diganti menjadi iklan komersial. Keputusan tim Seoul Metro tentu menjadi kontroversi dan menimbulkan pro kontra. Dilansir dari koreaboo.com, banyak orang yang mendukung keputusan Seoul Metro karena demi kenyamanan publik Korea. Namun, tidak sedikit yang mengecam dan mengatakan bahwa larangan terhadap iklan opini akan memundurkan budaya kpop. Bagaimana, girls?

(Baca juga: 9 Drama Korea Ini Ternyata Syuting di Eropa. Mana Favoritmu?)