Lakukan 5 Cara Berikut Biar Enggak Tergantung Sama Gadget

By Indra Pramesti, Selasa, 10 Juli 2018 | 16:30 WIB
yoona ()

Teknologi memang diciptakan untuk mempermudah kita. Tapi bukan berarti kita harus bergantung pada teknologi terus kan? Main gadget juga ada batasnya.

Nah, biar kita enggak tergantung sama gadget, yuk lakukan 5 cara berikut!

(Baca juga: Digital Fasting Alias Puasa Dari Gadget Yang Wajib Kita Coba!)

Stay Away

Kontrol diri untuk enggak menggunakan gadget. Lakukan secara bertahap, jangan langsung ekstrim. Ajak teman untuk melakukan kompetisi. Pihak yang kalah wajib traktir yang menang. Kita pasti bakal lebih tertantang, deh.

Turn Off The Notifications

Atur setting aplikasi sosial media di smartphone kita. Dengan mematikan notifications, kita jadi enggak penasaran buat mengecek akun sosial media. Lama-lama, kita jadi terbiasa untuk enggak mengecek akun setiap hari.

No More Multitasking

Hayo ngaku, ketika lagi belajar, kita pasti masih enggak bisa lepas dari gadget kan? So, stop melakukan aktivitas sambil menggunakan handphone. Selain mengurangi ketergantungan sama gadget, kita pasti bisa lebih fokus sama tugas dan PR.

Find Alternative Hobbies

Cari hobi lain yang enggak berhubungan sama gadget, misalnya olahraga, memasak, atau kegiatan lain yang mengasah kreativitas. Atau kalau memang kita suka baca, kurangi kebiasaan membaca buku melalui iPad atau laptop.

Give Them A Rest

Pas ikut acara sekolah seperti camping, live in, atau study tour, tinggalkan gadget kesayangan kita di rumah. Ini saatnya untuk have fun bareng teman-teman dan guru. Percaya deh, kita enggak akan menderita tanpa barang-barang itu.

(Baca juga: Yang Perlu Kita Tahu Dari Penamaan Kontak Pada Gadget. Awas Ada yang Niat Selingkuh!)