Yuk Ramaikan Torch Relay Asian Games 2018 bersama BAP. Intip Infonya!

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 18 Juli 2018 | 10:40 WIB
foto: kompas.com ()

Pada Kamis, 19 Juli 2018 esok hari, torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 resmi dilaksanakan. Api abadi yang diambil dari New Delhi, India telah tiba pada 15 Juli 2018 lalu dan nantinya api abadi ini akan disatukan dengan api abadi dari Mrapen, Purwodadi, Jawa Tengah. Dimulai dari Yogyakarta dan terus berlanjut ke 54 kota lainnya di Indonesia, semangat untuk menghadapi Asian Games siap dikobarkan. Berikut informasi tentang torch relay 2018 yang wajib kita ketahui:

(Baca juga: Punya Gangguan Kesehatan, 3 Seleb Korea Ini Tetap Jalani Wajib Militer)

Berkeliling Indonesia sejauh 18.000 Km

Setelah api abadi dari New Delhi dan Mrapen digabungkan, api abadi tersebut akan di kirab ke seluruh daerah di Indonesia. Sebanyak 54 kota pada 64 titik di Indonesia akan “dikunjungi” oleh obor semangat Asian Games. Dilaksanakan selama 35 hari berturut-turut, total jarak yang ditempuh oleh obor Asian Games ialah 18.000 Km.

Dimulai dari Yogyakarta

Kota pertama yang akan melakukan kirab obor ialah Yogyakarta. Dilanjutkan ke timur menuju Jawa Timur, Pulau Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua Barat. Kirab obor kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, dan menyebrang ke Pulau Sumatera melalui Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, hingga Lampung. Selanjutanya kirab obor kembali ke Pulau Jawa melintasi Banten, Jawa Barat, dan terakhir di Yogyakarta.

Rute di Yogyakarta

Kirab di Yogyakarta yang diselenggarakan esok hari pada 19 Juli 2018 akan dimulai dari Pagelaran Keraton menuju Titik Nol Kilometer, kemudian mengarah ke RSU PKU Muhammadiyah. Rute lengkapnya, Jalan Bhayangkara, Teteg, Jalan Malioboro, Titik Nol, Jalan Senopati, Perempatan Gondomanan, Pojok Benteng Kulon, Ngabean, Ngampilan, Pingit, dan Tugu Yogyakarta. Sejumlah selebriti dan atlet terpilih akan melaksanakan kirab tersebut esok hari.

(Baca juga: 4 Konsep Musisi Luar Negeri yang Dianggap Plagiat Seleb Kpop)

Konser troch relay

Sebelum melakukan kirab obor pada esok hari, tepat malam ini Konser Kirab Obor atau Torch Relay Concert akan dilaksanakan di Candi Prambanan, Jawa Tengah. Dimeriahkan oleh sejumlah artis ternama seperti Cakra Khan, Maria Calista, Dea Panendra, Barsena, Armada, Andi Rianto & Magenta Orchestra.

Sayangnya, konser torch relay ini hanya diperuntukan bagi tamu undangan. Hal ini disampaikan langsung oleh Bapak Danny selaku Juru Bicara INASGOC KEMENPORA. Beliau menyampaikan “Untuk konser hanya untuk undangan. Jadi tidak ada tiket untuk umum. Warga Yogya dan masyarakat Indonesia bisa menikmati melalui siaran di Indosiar dan TVRI.”

Kedatangan B.A.P

B.A.P yang datang pada Selasa, 17 Juli 2018 lalu mengejutkan publik Indonesia. Soalnya, salah satu member B.A.P Daehyun mengunggah fotonya berada di Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. Menggunakan hashtag Asian Games dan Indonesia, B.A.P disebut-sebut akan mengisi acara pada konser torch relay. Sayangnya, ketika pihak Cewekbanget melakukan konfirmasi kepada Bapak Danny tentang kedatangan B.A.P, pihak INASGOC belum dapat memberikan konfirmasi. “Belum ada konfirmasi apakah B.A.P akan mengisi konser atau membawa obor. Bisa keduanya bisa juga tidak.” Jadi, bersiap saja girls datang ke kirab obor karena bukan enggak mungkin kita akan bertemu member B.A.P. He-he.

(Baca juga: Ibu dari 7 Seleb Korea Ini Menawan Banget. Bisa Jadi Seleb Juga!)