Yuk Cari Tahu 5 Manfaat Salicylic Acid Buat Kulit Wajah Kita!

By Marcella Oktania, Sabtu, 28 Juli 2018 | 09:00 WIB
kulit bersih (shefinds.com)

Sebagai cewek yang selalu punya masalah dengan jerawat, enggak ada salahnya kalau kita berteman dengan salicylic acidlho! Kandungan ini bisa membuat jerawat cepat kering dan wajah terlihat lebih halus.

Enggak cuma untuk jerawat, salicylic acid juga punya manfaat lain lho! Yuk, cari tahu 5 manfaatnya untuk kulit wajah kita! 

(Baca juga: 7 Manfaat Glycolic Acid yang Sering Ada dalam Kandungan Skincare)

1. Mengeksfoliasi kulit 

eksfoliasi kulit

Enggak seperti eksfoliator pada umumnya, salicylic acid bakalan masuk ke kulit kita dan membuat kulit menjadi lembut serta meluruhkan sel kulit di permukaan yang sudah mati. Dengan begitu, salicylic acid bagus banget untuk membebaskan pori-pori yang tersumbat.

2. Deep cleansing sel kulit

mencuci muka

Cara kerja salicylic acid adalah meluruhkan desmosomes, yaitu lapisan yang ada pada permukaan kulit. Selain itu, salicylic acid juga bisa menembus ke dalam pori-pori yang tersumbat, sehingga bisa membersihkan sel kulit secara menyeluruh, alias deep cleansing.

3. Menghilangkan komedo dan whiteheads

komedo

Kalau kita bermasalah dengan komedo dan whiteheads, salicylic acid adalah kandungan yang bagus buat kita. Ini karena salicylic acid bisa menghancurkan kotoran yang menyumbat pori-pori kita. Tapi, kalau kita punya masalah dengan jerawat, salicylic acid masih berguna, walaupun enggak seberguna saat membasmi komedo dan whiteheads.

4. Bagus untuk kulit berminyak

kulit berminyak

Sayangnya, salicylic acid yang dipakai terlalu berlebihan bisa mengiritasi dan mengeringkan kulit. Itu kenapa salicylic acid benar-benar disarankan hanya untuk kulit berminyak dan bermasalah!

(Baca juga: 5 Pilihan Acid Toner untuk Mengatasi Kulit Kusam Jadi Lebih Cerah)