Hati-hati! Jangan Pernah Mencampurkan 3 Pasangan Bahan Skincare Ini!

By Marcella Oktania, Senin, 30 Juli 2018 | 14:05 WIB
bahan skincare (drshel.com)

Skincare merupakan salah satu kebutuhan yang harus dimiliki orang semua cewek. Produk ini biasanya dibagi menjadi dua jenis, berbahan alami atau kimia. 

Meskipun sudah disesuaikan dengan berbagai jenis kulit, tetapi masih banyak produk skincare yang enggak cocok saat kita pakai. Biasanya, hal ini terjadi karena kita salah mencampurkan kandungan yang ada di dalam produk tersebut. 

Nah, biar hal itu enggak terjadi, jangan pernah menggabungkan 3 pasangan bahan skincare ini, ya!

(Baca juga: 5 Bahan Skincare Ini Sangat Dibutuhkan Untuk Kulit Berjerawat!)

1. Retinol + AHA/BHA

peeling

Retinol atau vitamin A bisa banget mengeksfoliasi kulit kita, sama dengan AHA/BHA. Masalahnya, terlalu banyak mengeksfoliasi kulit wajah malah bikin kulit iritasi, kemerahan, sensitif, bahkan menjadi kering mengelupas!

Memang terkadang ada satu produk yang punya dua kandungan tersebut dan bisa berfungsi dengan baik. Tapi, kalau memang harus memakai produk yang berbeda, lebih baik jangan, deh!

2. Vitamin C + Asam

serum

Vitamin C kalau dicampurkan dengan asam, seperti glycolic acid atau salicylic acid memang enggak terlalu bermasalah. Tapi, kita bakalan kehilangan manfaat vitamin C yang bisa mencerahkan kulit kusam kita, nih. Ini karena kandungan asam akan membuat pH vitamin C menjadi berubah!

3. Obat jerawat + AHA/BHA

jerawat

AHA/BHA enggak hanya berfungsi untuk mengeksfoliasi kulit, tapi juga mencegah dan menyembuhkan jerawat. Sama halnya seperti obat jerawat yang biasanya punya kandungan benzoyl peroxide. Jadi, saat keduanya dipakai bersamaan, kulit malah jadi kemerahan dan super kering, lho!

(Baca juga: Jerawat dan 5 Masalah Kulit Wajah Lainnya yang Wajib Kita Ketahui!)