5 Cerita Model Dunia yang Pernah Berjuang Melawan Penyakit Mental

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 31 Juli 2018 | 13:30 WIB
Kendall Jenner (foto: people)

Penyakit mental merupakan suatu kondisi yang secara tidak kita sadari dapat menganggu pikiran dan perilaku kita. Penyakit mental ini dapat mengganggu kehidupan sehari-hari kita. Sebuah penyakit mental sangat bisa disembuhkan asal kita mendapatkan perawatan dari profesional.

Penyakit mental ini justru akan berbahaya jika kita mendiamkannya. Hal ini sepertinya disadari betul oleh seleb Hollywood dan mereka berjuang melawan penyakit mental tersebut.

Ini 5 cerita model dunia yang pernah berjuang melawan penyakit mental.

(Baca juga: 4 Perbedaan Victoria's Secret Angels dan Model Biasa)

1. Sara Sampaio

foto: harpersbazaar.com

Salah satu model yang kini menjadi Victoria’s Secret Angel, Sara Sampaio mengakui bahwa dirinya menderita trikotilomania.

Trikotilomania adalah gangguan mental yang membuat seseorang menarik rambut dari kulit kepala, alis, atau area tubuh lainnya. Gangguan ini bisa disebabkan karena stress dan kecemasan yang berlebih.

Trikotilomania adalah salah satu gangguan ringan yang dapat disembuhkan. Sampaio yang menderita trikotilomania kini sedang mendapatkan perawatan dari psikiater agar gangguannya hilang. “Ini adalah gangguan yang tidak bisa hilang begitu saja. Tetapi banyak orang yang mengerti dan memberikanku banyak cinta membuat diriku lebih baik.”

Sampaio juga mengatakan bahwa ketika dirinya mulai ingin mencabut rambut di alisnya, ia mulai mengalihkannya dengan membaca buku. Dilansir dari harpersbazaar.com, alis Sampaio yang mulai hilang membuatnya harus menggunakan pensil alis untuk mengisi kekosongan di alisnya.

2. Cara Delevingne

Ketika remaja, model asal Inggris ini akan merasa depresi jika ia merasa bersalah akan suatu hal dan memikirkannya secara terus menerus.

Pada suatu ketika ia sadar bahwa semua orang tentu mengalami hal yang sama, dalam hal ini mengalami rasa perasaan bersalah berlebihan yang berakibat menjadi depresi.

Selain mendapatkan perawatan medis, Cara juga belajar untuk mencintai dirinya sendiri karena mencintai diri sendiri adalah obat terbaik. “Jika kita belajar mencintai diri sendiri dan tidak menyerah pada yang dipikirkan orang lain, maka kita bisa melewati hal terburuk dalam hidup.”

3. Kendall Jenner

Sekitar tahun 2016, Kendall mengalami anxiety yang sangat berlebihan. Di balik banyak prestasi yang Kendall dapatkan, ia harus melawan anxiety.

Salah satu gejala yang membuatnya menyadari bahwa ia mengalami anxiety ialah kelumpuhan pada tidur dan panik yang berlebihan.

Dalam satu tahun terakhir, saya sangat cemas terhadap berbagai macam hal. Saya akan terbangun di tengah malam dan panik seketika. Segalanya begitu mengerikan.”

Dilansir dari teenvogue.com, untuk menangani penyakit mental yang menyerangnya, Kendall selalu bercerita kepada orang-orang di sekitarnya.

Ia merasa bebannya banyak berkurang ketika bercerita. Enggak hanya itu “Aku juga mencoba menanganinya dengan mengalihkan hal yang membuatku cemas ke sesuatu yang lebih positif.”

(Baca juga: Idol Kpop Ini Ternyata Jadi Role Model Bagi Idol Kpop Lainnya!)

4. Kylie Jenner

Enggak hanya Kendall, namun Kylie juga pernah melawan penyakit mental. Kylie pernah berjuang melawan anxiety yang membuatnya tidak pernah percaya diri tampil di depan umum.

Dilansir dari hellogigles.com, Kylie pernah jadi korban dari cyber-bullying yang membuatnya sangat tidak percaya diri untuk tampil di depan banyak orang. Hal ini membuatnya depresi.

Bahkan, Kylie pernah merasa insecure pada bibirnya. Ia merasa bibirnya adalah hal memalukan yang harus ia sembunyikan. “Aku merasa terjebak dalam depresiku. Aku tidak bisa keluar. Beruntung aku selalu bercerita pada Ibu sehingga ia mencoba memabntuku keluar dari masalah ini. Ia memberiku banyak cinta dan aku dapat menyelesaikan depresi ini."

(Baca juga: 10 Penampilan Pertama dan Terakhir Model Ternama di Runway)

5. Gigi dan Bella Hadid

Dua model dunia, Bella dan Gigi Hadid ternyata sama-sama pernah berjuang melawan penyakit mental. Bella dan Gigi bisa terkena depresi karena keduanya sama-sama memiliki penyakit bawaan.

Bella terkena sindrom kelelahan yang kronis dan Gigi terkena Hashimoto Disease yang menyerang kekebalan tubuh. Dua model ini merasa tidak memiliki masa depan karena penyakit bawaan yang mereka alami.

Namun, dua bersaudara ini sadar bahwa mereka dapat berkarir sebagai apapun, termasuk model.

Obat-obatan sangat membantuku, namun mencintai diri sendiri dan bangga dengan apa yang kita lakukan jauh lebih baik.”

Belajar dari model dunia yang pernah berjuang melawan penyakit mental, penyakit mental bukanlah sesuatu yang tidak dapat disembuhkan. Sangat bisa disembuhkan asal kita mendapat perawatan dari mereka yang profesional. Jangan malu untuk mengakui apa yang kita rasakan berbeda dari tubuh kita agar mendapat perawatan profesional.