Cerita Menyentuh Perjalanan Karier EXO dari 12 Menjadi 9 Member!

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 7 Agustus 2018 | 15:30 WIB
EXO (foto: koreaboo.com)

Sudah hampir enam tahun ya, girls sejak EXO debut. Seperti yang kita ketahui kalau dalam perjalanan karier EXO, grup ini harus kehilangan tiga member, yakni Luhan, Kris, dan Tao. Memulai karier dari 12 member, berikut cerita menyentuh perjalanan karier EXO yang wajib kita ketahui:

(Baca juga: 12 Lagu EXO yang Cocok Kita Dengarkan Berdasarkan Zodiak. Setuju?)

2012: Debut

EXO

Tahun 2011, SM Entertainment membentuk sebuah grup dengan 12 member. Grup ini kemudian debut 1 tahun kemudian dengan single MAMA. Kesuksesan album dan single debut MAMA membuat SM Entertainment membuat MAMA dalam versi Bahasa Mandarin. Enggak lama setelah itu, EXO juga meresmikan nama fandom mereka yang bernama EXO-L. Hingga kini, EXO-L masih menjadi salah satu fandom terbesar di dunia.

2014: Perseteruan Kris dengan SM Entertainment

foto: kpopmap.com

Pada Mei 2014, Kris menuntut SM Entertainment terkait dengan permasalahan kontraknya. Kris menganggap bahwa kontrak yang diberikan SM Entertainment terlalu memperbudak dirinya. Tuntutan Kris sampai membawa SM Entertainment ke pengadilan.

Oktober 2014: Luhan mengikuti Kris

foto: allkpop.com

Masih di bulan yang sama, Luhan mengajukan gugatan terhadap SM Entertainment untuk membatalkan kontraknya, Keputusan Luhan berdasar pada masalah kesehatan Luhan saat itu dan menurut Luhan member EXO yang berasal dari Korea diperlakukan lebih spesial. Melihat keadaan yang semakin krisis, SM Entertainment mengatakan bahwa EXO akan berlanjut dengan 10 member.

April 2015: Tao memutuskan keluar

foto: sbs.com.au

Beberapa bulan kemudian, ayah Tao mengunggah sebuah pernyataan di Weibo yang mengatakan bahwa ia prihatin dengan kondisi putranya. Menurut ayah Tao, putranya sering melukai diri sendiri namun ia tidak pernha mendapat perawatan yang tepat untuk luka-lukanya. SM Entertainment seolah tidak peduli dengan hal ini. SM Entertainment kemudian mencoba bernegosiasi dengan Tao namun pihak Tao membawa masalah ini ke pengadilan.

(Baca juga: 9 Hal Ini Membuktikan Member EXO Sukses Berakting! Setuju?)

Mei 2015: Meninggalkan Korea

Sekitar satu bulan setelahnya, 3 seleb asal Cina ini meninggalkan Korea Selatan sambil menyelesaikan permasalahannya dengan SM Entertainment. Di Cina, ketiga seleb ini berkarier individu.

Tahun 2016: Luhan dan Kris

foto: allkpop.com

Setelah bertahun-tahun, masalah ini akhirnya selesai. Kontrak Kris dan Luhan dengan SM Entertainment resmi berakhir. Namun, mereka tidak boleh berkarier di Jepang dan Korea.

Tao yang harus mengikuti kontrak

Dilansir dair koreaboo.com, kontrak Tao yang belum berakhir dan gugatannya yang tidak dikabulkan oleh pengadilan membuat Tao harus mengikuti peraturan dan kontrak SM Entertainment sampai selesai.

Comeback

foto: koreaboo.com

Lay yang menjadi satu-satunya member asal Cina membuat EXO-L khawatir. Kini, publik khususnya EXO-L sedang menunggu grup ini comeback dengan 9 member. Kita tunggu ya, girls.

(Baca juga: Dua Lagu Kpop Milik ‘EXO’ dan ‘BTS’ Akan Diputar di Piala Dunia!)