11 Hal Menyakitkan yang Mungkin Dialami Seorang Idol Kpop. Kejam!

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 7 Agustus 2018 | 16:30 WIB
Jungkook 'BTS' (foto: twitter.com)

Industri kpop memang enggak mudah ya, girls. Untuk bertahan di industri ini, kita harus menjalani pelatihan sebagai trainee dalam waktu yang enggak menentu. Setelah debut menjadi seorang idol kpop, hidup kita juga tidak akan mudah karena enggak hanya dengan menyanyi dan bertindak aegyo kita bisa bertahan. Publik menuntut untuk selalu sempurna agar tetap dicintai. Berikut 11 hal menyakitkan yang mungkin dialami oleh seorang idol kpop:

(Baca juga: 8 Seleb Kpop dengan Unsur Nama yang Sama. Mana yang Jadi Favorit?)

Mengalami insecure berlebihan

Seulgi

Karena dituntut untuk selalu sempurna, enggak jarang seorang idol kpop mengalami insecure dan kecemasan yang berlebihan. Sedikit saja idol kpop tersebut melakukan kesalahan atau tidak sempurna seperti biasanya, maka fans akan kecewa dan tidak mencintai mereka lagi. Seperti Seulgi yang bercerita pada Sunmi pada Secret Sister bahwa “Aku dipilih agensi karena talenta menyanyiku. Tetapi aku terkadang tidak bisa menyanyi. Ketika aku melihat ada penyanyi yang lebih baik dariku, aku akan merasa khawatir.”

Kritikan dari fans

Kang Daniel

Bahkan Kang Daniel yang kini menjadi idol kpop paling disukai di Korea Selatan mendapat kritikan dari fans karena bahasa Inggrisnya yang dianggap terlalu buruk. Saat itu, Kang Daniel sedang mencoba berkomunikasi dengan fans internasional, namun ada beberapa kosakata yang salah diucap Daniel, belum lagi di twitter Daniel menyebut Tokyo dengan Dokyo. Karena hal ini, Kang Daniel bahkan mendapat kritikan publik habis-habisan.

Sakit karena kelelahan

Jungkook 'BTS'

Jadwal yang terlalu padat membuat banyak idol kpop yang jatuh sakit karena kelelahan. Jungkook ‘BTS’ jatuh di atas panggung karena ia kelelahan pada tour BTS ‘Wings’ tahun 2017. Enggak jarang, idol kpop yang terpaksa hiatus untuk memulihkan kesehatannya.

Debut yang sulit

Kim Sohee

Kontestan Produce 101 dan mantan anggota I.B.I Kim Sohee mengatakan bahwa ia mengalami kesulitan luar biasa sebelum debut. Manajer dari agensinya terus memaksanya menikah karena kemungkinan debut Kim Sohee yang kecil. Bahkan, agensi Kim Sohee menyuruh seleb ini agar bekerja paruh waktu untuk membiayai latihannya selama menjadi trainee.

Kontroversi dan kesombongan

Seungri

Dijauhi oleh orang-orang jika terlalu sombong pasti akan dialami oleh idol kpop. Apalagi jika idol kpop ini sombong terhadap fans maka bukan enggak mungkin fans tersebut akan pergi mencari idola lain. Belum lagi kontroversi. Semakin terkenal seorang idol kpop, akan ada kontroversi yang terus membayangi. Mulai dari rumor hingga skandal. Seungri bahkan mengatakan jika “Kontroversi tentang diriku mulai naik di tahun ke-7. Saya tidak tahu tapi hal tersebut terjadi begitu saja.”

Hubungan rahasia

HyunA dan E'Dawn

Ada yang bilang bahwa seorang idol kpop tidak boleh berkencan. Hal ini sepertinya menjadi kenyataan karena ketika HyunA dan E’Dawn mengumumkan hubungan mereka, sebanyak 500 fans membatalkan acara fanmeeting mereka. Enggak hanya itu, banyak fans yang meminta E’Dawn agar dihapus dari Pentagon.

(Baca juga: 15 Stage Outfit Seleb Kpop yang Bikin Geleng-Geleng Kepala. Setuju?)

Tidak bisa bersama orang tersayang

V 'BTS'

V ‘BTS’ kehilangan kakek dan neneknya saat ia sudah debut dengan BTS. V sendiri jarang berkumpul bersama dengan orang-orang yang ia sayangi. Kakek V meninggal minggu lalu, beruntung V dapat menghadiri rumah duka bersama keluarganya dan memberikan penghormatan terakhir untuk kakeknya.

Harus tetap tersenyum meskipun sedih

Leeteuk

Sekitar tahun 2014, Leeteuk ‘Super Junior’ mengalami masa paling buruk dalam hidupnya. Ayahnya meninggalkan hutang dan bahkan membunuh kakek dan nenek Leeteuk sebelum bunuh diri. Berada di masa paling buruk, Leeteuk mengalami depresi karena ia harus bisa bertindak sebagai seorang idol kpop pada umunya di balik masalah yang menimpanya. Beruntung Leeteuk bisa melewati masa terburuk dalam hidupnya.

Diet yang berlebihan

Sonamoo

Enggak hanya sebelum debut, namun setelah debut seorang idol kpop juga harus menjaga berat badannya setelah debut. D.ana ‘SONAMOO’ mengungkapkan bahwa ia harus menimbang berat badannya setiap hari. Setiap akhir bulan, mereka akan dievaluasi. Jika berat badan tersebut tidak sesuai dengan agensi, maka agensi enggak akan segan-segan menghentikan kontrak mereka.

Meminta maaf bukan berarti dimaafkan

Baek Ji Young

Baek Ji Young sudah terkena skandal lebih dari satu kali. Skandal pertama di tahun 2000 membuat Baek Ji Young harus mundur pada kariernya di industri entertainment Korea. Saat itu, skandal seks menimpa Baek Ji Young. Setelah kembali sebagai Queen of OST, Baek Ji Young harus meminta maaf kembali karena suaminya Jung Suk Won menggunakan shabu selama perjalannnya ke Australia. Meskipun sudah meminta maaf, namun karier Baek Ji Young belum jelas hingga kini yang menunjukan ia belum tentu dimaafkan.

Sukses tidak selamanya

Sandara Park

Sandara Park menjadi idol kpop yang paling digandrungi di Korea dan Asia Tenggara. Namun, saat 2NE1 bubar di tahun 2016, karier Sandara Park meredup hingga kini.

(Baca juga: Debut dan Comeback Seleb Kpop di Bulan Agustus 2018. Enggak Sabar!)