Irfan Jaya, Penyelamat Indonesia vs Palestina di Asian Games 2018

By Kinanti Nuke Mahardini, Kamis, 16 Agustus 2018 | 11:05 WIB
foto: kompas.com ()

Indonesia baru saja menjamu Palestina di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi pada Rabu, 15 Agustus 2018 kemarin.

Sempat tertinggal karena Timnas Palestina membuat gol dari titik putih setelah Zulfiandi melakukan pelanggaran, Indonesia berhasil mengejar ketertinggalan berkat Irfan Jaya.

Yuk, kenal lebih dekat dengan Irfan Jaya!

(Baca juga: 5 Pemain Sepak Bola Indonesia Dengan Visual Paling Memukau. Bikin Meleleh!)

Menyamakan di menit 23

foto: kompas.com

Zulfiandi yang melakukan pelanggaran di kotak penalti Indonesia, memberikan keuntungan bagi Palestina. Mohamed Darwish gagal mengeksekusi penalti, tetapi bola muntah dimanfaatkan dengan baik oleh Oday Dabbagh sehingga gol tercipta untuk Palestina.

Keunggulan Palestina tidak bertahan lama. Di menit 23, Irfan Jaya menyamakan kedudukan. Menerima umpan Bagas Adi, Irfan Jaya mengontrol bola dengan lincah terlebih dahulu baru kemudian tendangan ia lepaskan.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga akhir pertandingan dan Irfan Jaya menjadi penyelamat bagi Tim Nasional Indonesia.

Masih berusia 22 Tahun

Lahir di Bantaeng, Sulawesi Selatan, Irfan Jaya baru saja ulang tahun ke-22 pada 1 Mei lalu. Cowok yang memiliki tinggi 160 cm ini ternyata sudah memulai karir sepakbola-nya sejak berusia remaja namun ia baru menjadi pemain sepak bola profesional dan bergabung dengan tim besar di tahun 2017.

Pemain Persebaya Surabaya

foto: kompas.com

Dengan nomor punggung 41, Irfan Jaya telah membela Persebaya Surabaya sejak tahun 2017 lalu. Ia akan bertahan di tim ini selama 4 tahun kedepan. Sebanyak 33 pertandingan yang diikuti oleh Irfan, ia sudah menciptakam 15 gol.

Pemain terbaik

Enggak hanya menyelamatkan Indonesia saat melawan Palestina, namun sayap Persebaya Surabaya ini juga ternyata adalah seorang Best Player Liga 2 di tahun 2017. Di tahun 2016, Irfan Jaya bahkan pernah menjadi Top Score SSL saat membela Persiban Bantaeng.

Semoga Irfan Jaya tetap berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia ya, girls!

(Baca juga: Bagas Bagus & 3 Pemain Timnas U-16 yang Jadi Calon Bintang Sepak Bola!)