5 Momen Mengharukan dan Bikin Merinding di Opening Asian Games 2018

By Kinanti Nuke Mahardini, Minggu, 19 Agustus 2018 | 10:40 WIB
Asian Games 2018 ()

Semalam, pada 18 Agustus 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, pesta olahraga se- Asia atau Asian Games ke-18 tahun 2018 resmi dibuka.

Puluhan ribu penonton, pengisi acara, dan penyanyi serta musisi Indonesia turut meramaikan acara ini. Visualisasi dan rangkaian acara yang tersusun luar biasa membuat kita pantas mengacungkan jempol kepada Indonesia yang telah mempersiapkan pesta olahraga se-Asia dengan sangat baik.

Dari serangkaian acara opening Asian Games yang diselenggarakan semalam, terdapat beberapa momen mengharukan dan bikin kita merinding.

Berikut 5 momen mengharukan dan bikin merinding di Openig Asian Games 2018:

(Baca juga: Intip Mewahnya Kostum Seleb Indonesia yang Memeriahkan Opening Ceremony Asian Games 2018!)

Tarian bernuansa Indonesia

Asian Games 2018

Dibuka oleh 1500 penari yang membawakan tarian seperti Tari Saman, penonton sukses dibuat merinding. Selama penari membawakan tarian tersebut, mata kita disuguhkan oleh visualisasi luar biasa.

Mulai dari kebudayaan Indonesia seperti corak kain khas Indonesia hingga bendera Indonesia raksasa yang terbuat dari manusia.

Faktanya, tarian yang dibawakan adalah Tari Ratoh Jaroe dan 1500 penari ini menggunakan masing-masing headset agar tidak ada keterlambatan suara dan kekompakan tetap terjaga. Keren!

Bendera Indonesia berkibar

Bendera Indonesia yang sesungguhnya juga berkibar di Gelora Bung Karno semalam. Dikibarkan oleh Paskibra Nasional, Sang Saka Merah Putih naik diiringi oleh Indonesia Raya yang dinyanyikan Tulus dan Purwa Caraka Chior.

Enggak sampai disitu, Gelora Bung Karno juga bergema dengan Indonesia Raya yang turut dinyanyikan oleh penonton dan juga atlet asal Indonesia.

Penampilan Joey Alexander

Pianis muda berbakat dan mendunia, Joey Alexander nyatanya bikin masyarakat Indonesia terharu sekaligus merinding saat ia membawakan lagu Gending Sriwijaya dengan piano. Joey terlihat sangat menghayati penampilannya.

(Baca juga: Diskon Produk Kompas Gramedia dalam Rangka HUT Ke-55 dan Asian Games 2018!)

Penampilan Putri Ayu

Setelah membawakan Gending Sriwijaya versi piano, Joey Alexander mengiringi Putri Ayu menyanyikan Melati Suci. Lagu yang dibawakan oleh Tika Bisono tahun 1980-an ini sukses membuat masyarakat Indonesia merinding, terharu sekaligus sadar bahwa Indonesia memang indah karena keanekaragaman yang dimiliki.

Bhineka Tunggal Ika membuat Indonesia kuat dan indah. Setuju, girls?

Bendera OCA

Sebanyak delapan atlet legendaris yang pernah mengharumkan nama Indonesia dipercaya membawa bendera Dewan Olimpiade Asia (OCA).

Atlet yang dipercaya ialah Lely Sampurno, Suharyado, Sri Indriani, Chandra Wijaya, Lilis Handayani, Markis Kido, Kusumawardhani, Christian Hadinata. Meskipun usia mereka sudah tidak muda lagi, namun mereka tetap berusaha mengantarkan bendera tersebut sampai di tempatnya.

Di usia muda mereka telah berjuang mengharumkan nama Indonesia, begitu pula ketika sudah tidak berkarier sebagai atlet. Merinding!

(Baca juga: Jadwal Pertandingan Lengkap dan Harga Tiket Asian Games 2018!)