Untuk Pemilik Kulit Sensitif, Hindari 5 Kandungan Skincare Ini!

By Marcella Oktania, Sabtu, 1 September 2018 | 08:00 WIB
kulit sensitif (mama.ua)

Memilih skincare yang tepat untuk kulit sensitif memang terkadang sangat susah. Kita harus memerhatikan beberapa bahan-bahan tertentu yang memang bisa merusak kulit sensitif kita.

Untuk itu, enggak ada salahnya kita langsung menghindari 5 kandungan skincare ini biar kulit kita tetap terjaga kesehatannya!

(Baca juga: Yuk Cari Tahu 5 Manfaat Salicylic Acid Buat Kulit Wajah Kita!)

1. Alkohol

toner

Kandungan skincare yang benar-benar harus dihindari kulit sensitif kita adalah alkohol. Kebanyakan toner dan krim terdapat alkohol, yang bisa membuat kulit kita terlihat lebih matte, tapi bisa menyerap kelembapan kulit dan membuatnya jadi kering, gatal, dan iritasi!

2. Fragrance

pewangi

Penting banget untuk kulit sensitif untuk menghindari pewangi atau fragrance di dalam skincare kita. Ini karena pewangi akan langsung memberikan reaksi pada kulit yang menyebabkan kulit inflamasi dan langsung melemahkan layer terdalam kulit kita.

3. Sodium Lauryl Sulfate

foam cleanser

Pada dasarnya, belum ada penelitian yang menyatakan kalau sodium lauryl sulfate bisa membuat kulit iritasi. Tapi, ada baiknya untuk menghindarinya karena ternyata kulit kita bakalan jauh lebih sehat setelah enggak memakai kandungan skincare ini!

4. Kandungan pada sunscreen kimia

sunscreen

Sunscreen dengan bahan kimia, seperti avobenzone, octinoxate, dan oxybenzone memang bisa melindungi kita dari sinar matahari, tapi sayangnya bisa menyebabkan masalah untuk kulit sensitif kita! Ada baiknya kita memilih sunscreen dengan formula mineral, girls.

5. Butiran kecil pada skincare

scrub kopi

Scrub atau pembersih yang kita pakai punya butiran kecil di dalamnya? Jangan dipakai, ya! Ini sangat bisa merusak kulit sensitif kita bermasalah, karena merusak layer teratas kulit.

(Baca juga: 5 Kandungan Skincare Ini Ternyata Mampu Mengikis Noda Bekas Jerawat)