Hindari 5 Kandungan Skincare yang Harus Dihindari Kulit Kering!

By Marcella Oktania, Rabu, 29 Agustus 2018 | 20:20 WIB
kulit kering (drbonness.com)

Kulit kering kalau enggak diberikan perawatan, bukan enggak mungkin akan semakin kering, tertarik, pecah-pecah, dan bahkan menyebabkan iritasi! Itu kenapa kita mesti mencari skincare yang tepat untuk merawat kulit kering kita.

Nah, kalau pengin kulit kering kita enggak semakin bertambah kering dan bahkan iritasi, coba hindari 5 kandungan skincare yang berbahaya buat kulit kering!

(Baca juga: Buat Pemilik Kulit Kering, Ini 5 Minyak Alami yang Bisa Melembapkan Kulit Kita)

1. Alkohol

alkohol

Walaupun kebanyakan produk mengandung alkohol untuk membuat manfaatnya bisa benar-benar terserap ke kulit, tapi produk seperti gel dan lotion lebih banyak mengandung alkohol, nih. Enggak ada salahnya kita menjauhi skincare dengan konsentrasi alkohol yang tinggi sehingga kulit kita enggak semakin kering.

2. Benzoyl peroxide

tube skincare

Benzoyl peroxide memang dikenal sebagai kandungan yang bisa menghilangkan jerawat dengan mudah, tapi kulit kering kita bisa memiliki reaksi negatif setelah memakainya, nih, yaitu seperti mengelupas, gatal, iritasi, dan kemerahan!

3. Retinoids

krim

Retinoids juga terkenal bisa menyembuhkan jerawat, garis halus, dan memperbaiki kondisi serta warna kulit, sayangnya retinoids terlalu berbahaya untuk kulit kering kita. Bukannya kondisi kulit membaik, malah semakin iritasi, lho!

4. Salicylic acid

serum wajah

Salicylic acid bisa kita gunakan kalau pengin kulit semakin lembut dan halus. Masalahnya, kalau dipakai sembarangan, bisa berbahay untuk kulit dan semakin membuat kulit menjadi kering tertarik. Kalau memang masih pengin memakai salicylic acid dengan aman, enggak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit, girls. 

5. Fragrance

skincare dengan pewangi

Ada baiknya kita selalu menghindari skincare dengan kandungan pewangi atau fragrance yang malah bikin kulit kita alergi dan menyebabkan kulit semakin kering!

(Baca juga: Konsumsi 6 Makanan Ini Agar Kulit Kering Kita Terhidrasi dengan Baik!