4 Hal yang Bisa Menyebabkan Bekas Jerawat Jadi Menghitam

By Jana Miani, Senin, 27 Agustus 2018 | 15:49 WIB
()

Bekas jerawat yang menghitam bukan hanya disebabkan karena sering memencet jerawat tapi bisa juga disebabkan karena terjadi hiperpigmentasi sehingga bekas jerawat jadi kusam. Ada 4 hal yang bisa menyebabkan bekas jerawat jadi menghitam dan tips untuk mengatasinya.

(Baca juga: 5 Cara Mengatasi Jerawat yang Selalu Muncul di Tempat yang Sama!)

1. Enggak memakai sunscreen

Saat kita berjerawat biasanya meninggalkan bekas luka yang disebut dengan post-inflammatory hyperpigmentation. Ini terjadi karena produksi melanin berlebih sehingga menyebabkan munculnya pigmen hitam. Hyperpigmentation ini sebenarnya bisa diatasi dengan rutin menggunakan sunscreen. Karena sinar UV bisa menstimulasi produksi melanin. 

Banyak orang yang enggak suka memakai sunscreen karena menganggap bisa menimbulkan jerawat, padahal sudah banyak sunscreen yang aman untuk kulit berjerawat (non-comedogenic). 

2. Terlalu sering mengeksfoliasi wajah

Memakai chemical exfoliator memang cara paling baik untuk merawat kulit berjerawat. Tapi terlalu banyak menggunakan chemical exfoliator malah bisa membuat kulit iritasi dan meradang. Kulit yang meradang akan meningkatkan produksi melanin dan meninggalkan noda hitam. Oleh karena itu, untuk menghindari iritasi sebaiknya gunakan exfoliator yang lembut dengan kandungan centella asiatica dan hyaluronic acid.

(Baca juga: 5 Skincare Lokal yang Mengandung Salicylic Acid Untuk Kulit Berjerawat)

3. Sering menggunakan makeup tebal