10 Idol Kpop yang Memulai Kariernya dari YouTube. Ada Idolamu?

By Kinanti Nuke Mahardini, Selasa, 28 Agustus 2018 | 19:20 WIB
Tzuyu 'TWICE' ()

YouTube merupakan salah satu media sosial yang memungkinkan kita membuat sebuah konten kreatif. Kini, banyak orang yang memulai kariernya dari YouTube.

Enggak hanya itu, bahkan banyak idol kpop yang menjadikan YouTube sebagai mata pencaharian.

Jika kita banyak melihat fenomena ini di Indonesia, ternyata fenomena ini juga terjadi di seluruh dunia termasuk pada idol kpop.

Beberapa idol kpop ini bahkan memulai kariernya dari YouTube. Entah melakukan dance cover atau menyanyi. Berikut 10 idol kpop yang memulai kariernya dari YouTube:

BACA JUGA: Kelelahan, 10 Idol Kpop Ini Terjatuh Saat Tampil di Atas Panggung!

Tzuyu ‘TWICE’

Sekitar tahun 2012, Tzuyu membuat cover dance dengan teman-temannya dan mengunggah di YouTube. Tim JYP kemudian menemukan dance cover ini dan mengundang Tzuyu untuk mengikuti audisi. JYP seolah sudah menyadari bakat dan visual Tzuyu.

Momo ‘TWICE’

JYP Entertainment juga “menemukan” Momo melalui YouTube. Agensi ini kemudian mengundang Momo untuk melakukan audisi. Ia kemudian lolos dan memutuskan pindah ke Korea.

Ailee

Ailee adalah salah satu YouTubers yang sukses menadi selebriti. Melalui aileemusic, Ailee sering melakukan cover pada beberapa lagu. Salah satu cover lagunya yang paling terkenal ialah The Climb dari Miley Cyrus yang sudah ditonton 1 juta orang.

Wendy ‘Red Velvet’

Wendy sangat hobi menyanyi hingga ia sering menyanyi untuk teman-temannya. Pada salah satu kesempatan, teman Wendy mengunggah video menyanyi Wendy ke YouTube dan menjadi viral. SM Entertainment menyadari bakatnya dan melakukan casting idol kpop ini.

Young K ‘DAY6’

Selama masa sekolah, Young K dan temannya memiliki band bernama 3rd Degree. Bahkan band ini pernah tampil sampai di Toronto. Sekitar tahun 2010, Young K dan temannya, Don Lee diundang untuk audisi di JYP.

Dua sahabat ini lolos namun teman Don L memutuskan untuk mengundurkan diri karena ingin fokus di pendidikannya sedangkan Young K melanjutkan pelatihan dan debut dengan DAY6.

BACA JUGA: 10 Fans Beruntung Ini Mendapat Kejutan Spesial dari Idol Kpop!

Eric Nam

Sebelum Eric Nam menjadi seorang idol kpop, ia adalah seorang YouTuber yang sering melakukan cover pada banyak lagu barat dan Korea. Channel YouTube milik Eric Nam adalah EricSinging.

Setelah melihat karya Eric Nam, MBC memutuskan mengundang Eric Nam untuk audisi dan kemudian ia debut menjadi seorang penyanyi solo.

Yuju ‘GFRIEND’

Sebelum memulai debut dengan GFRIEND, Yuju menujukan bakat menyanyi dan bermain musiknya lewat YouTube. Salah satu cover lagu Yuju yang mendapatkan banyak perhatian adalah soundtrack Frozen ‘Let It Go’. Cover lagu ini mendapatkan 470 ribu views!

B.M ‘KARD’

Dengan nama bigmatheww, B.M menunjukan bakat dance yang ia miliki di YouTube. Setelah videonya banyak ditonton, ia kemudian menjadi trainee dan debut resmi dengan KARD di tahun 2016.

Jae ‘DAY6’

Seperti Young K, Jae juga menjadi populer melalui YouTube. Akun Jae ialah yellowpostitman yang ia miliki sejak tahun 2009. JYP kemudian menyadari bakatnya dan menjadikannya sebagai trainee.

Ashley ‘Ladies Code’

Sebelum Ashley bergabung dengan Ladies Code, ia melakukan cover dance lewat channel YouTube bernama ashleych0i. Ketika debut, Ashley tetap mengunggah banyak konten namun berisi tentang food and travel.

BACA JUGA: 5 Idol Kpop Cowok Underrated Padahal Memiliki Visual Menawan