10 Peraturan Enggak Tertulis yang Harus Kita Lakukan Saat Konser Kpop

By Kinanti Nuke Mahardini, Jumat, 31 Agustus 2018 | 11:05 WIB
foto: koreaboo.com ()

Tahun 2018 seolah menjadi tahun bagi fans kpop. Soalnya, di tahun ini banyak grup kpop yang datang ke Indonesia dan menggelar konser di sini.

Agar konser semakin berjalan lancar dan kita bisa menikmati dengan maksimal, yuk ikuti peraturan enggak tertulis di konser kpop ini.

Berikut 10 peraturan enggak tertulis di konser kpop yang harus kita lakukan:

BACA JUGA: 7 Konser Kpop Paling Megah Sepanjang Masa. Kamu Pernah Jadi Bagiannya?

Jangan bernyanyi terlalu keras

Enggak bisa dipungkiri kalau kita tentu ingin ikut menyanyi saat grup kpop favorit kita tampil. Namun, bernyanyi terlalu keras dapat mengganggu fans lain yang datang dan lagi kita sedang menonton konser bukan sedang berada di tempat karoke.

Selain itu, yang ditakutkan ialah ketika idol kpop kita tampil, penampilan mereka justru terganggu dengan suara kita.

Hati-hati dengan lightstick

foto: koreaboo.com

Jangan sampai ketika kita melakukan fanchant atau menikmati penampilan idol kpop dengan lightstick, lightstick kita justru menutupi penonton lainnya atau bahkan enggak sengaja memukul mereka.

Nikmati konser

Mengabadikan momen di konser tentu ingin kita lakukan. Namun, jangan sampai handphone kita justru menutupi penonton di belakang kita dan kita menyaksikan konser tersebut dari handphone.

Hati-hati dengan banner

foto: koreaboo.com

Selain handphone dan lightstick, kita juga harus hati-hati dengan banner. Jangan bawa banner yang terlalu besar karena bisa mengganggu dan menutupi orang di belakang kita.

Gunakan pakaian yang nyaman

Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang nyaman karena kita belum hapal dengan tempat menonton konser tersebut. Bukan enggak mungkin ada kabel yang membuat kita tersandung kalau pakaian atau sepatu kita enggak nyaman.

BACA JUGA: 7 Konser Kpop Idol di Indonesia Paruh Kedua Tahun 2018. Mana yang Kamu Tunggu?

Jaga tubuh kita

Venue konser yang sangat panas membuat kita harus tetap menjaga tubuh kita agar enggak kekurangan ion. Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak selama konser dan kipasi terus tubuh kita agar tetap ada oksigen.

Jangan gunakan pakaian grup lain

foto: billboard.com

Menyukai lebih dari satu grup kpop atau multi-fandom memang enggak salah, namun jangan sampai kita menggunakan pakaian grup lain di konser tersebut.

Dilansir dari koreaboo.com, selain terlihat sedikit aneh, menggunakan pakaian grup lain saat konser juga menjadikan grup kpop yang sedang tampil seolah tidak dihargai.

Bawalah barang secukupnya

Jangan membawa barang enggak diperlukan terlalu banyak. Soalnya selain menganggu kenyamanan kita, barang kita yang terlalu banyak juga mengganggu fans lain.

Jangan mendorong

Untuk konser yang berdiri, kita mungkin ingin lebih dekat dengan idol kpop, namun alangkah lebih baiknya kita tidak mendorong fans lain di depan.

Soalnya, hal tersebut berbahaya dan bisa membuat fans tersebut kehabisan napas. Intinya, jaga ketertiban selama konser berlangsung. Jangan sampai konser diberhentikan karena kita yang enggak tertib.

Tepat waktu!

foto: allkpop.com

Tepat waktu menjadi keharusan. Soalnya, kalau kita terlambat, hal tersebut akan merugikan kita sendiri. Bukan enggak mungkin kita masuk melalui jalan lain yang lebih jauh dan tertinggal show.

BACA JUGA: Wanna One Perpanjang Kontrak Untuk Konser Perpisahan? Intip Infonya!