Segera Dilangsungkan, Intip 5 Fakta Asian Para Games 2018. Wajib Tahu!

By Kinanti Nuke Mahardini, Rabu, 5 September 2018 | 11:00 WIB
Asian Para Games 2018 (foto: asianparalympic.org)

Pesta olahraga terbesar di Asia tahun ini, Asian Games 2018 memang telah berakhir pada 2 September 2018 lalu. Namun, semangat yang berkobar dalam diri kita untuk mendukung atlet kebanggan Indonesia enggak boleh berakhir karena kita harus bersiap menyambut Asian Para Games 2018.

Segera dilangsungkan pada bulan Oktober mendatang, yuk intip fakta tentang Asian Para Games 2018. Berikut 5 fakta Asian Para Games yang wajib kita ketahui:

BACA JUGA: Ikuti Jejak Kakak yang Atlet, 5 Atlet Indonesia Ini Berprestasi!

Pesta Olahraga Difabel Asia ke-3

Jika Asian Games 2018 ialah penyelenggaraan ke-18, Asian Para Games 2018 ini ternyata baru penyelenggaraan ke-3.

Asian Para Games pertama tahun 2010 diselenggarakan di Guangzhou, China dan Asian Para Games kedua tahun 2014 dilangsungkan di Incheon, Korea Selatan.

Penyelenggaraan ketiga akan segera berlangsung di Jakarta pada Oktober mendatang. Jadi, jangan lupa untuk meramaikan acara ini, girls!

Hanya diselenggarakan di Jakarta

Asian Games 2018 seperti yang kita ketahui diselenggarakan di Palembang dan Jakarta tetapi di Asian Para Games 2018 hanya Jakarta yang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta olahraga ini.

Asian Para Games akan diselenggarakan mulai tanggal 6 Oktober 2018 hingga 13 Oktober 2018 mendatang.

18 cabang olahraga

Terdapat 18 cabang olahraga yang diperlombakan dalam Asian Para Games 2018.

Cabang olahraga tersebut ialah archery, para athletic, badminton, boccia, chess, wheelchair tennis, goal ball, sitting volley ball, lawn ball, para powerlifting, para swimming, para shooting, tempin bowling, table tennis, judo, wheelchair basketball, wheelchair fencing, dan cycling.

Dari 18 cabang olahraga yang akan dilombakan, Indonesia menargetkan para atletnya masuk di posisi 10 besar dari 42 negara yang bertanding.

BACA JUGA: 6 Kakak Beradik Atlet Indonesia yang Berprestasi. Favorit!

Maskot Momo

Sosok Atung, Bhin Bhin, dan Kaka yang jadi maskot Asian Games 2018 memang ikonik. Namun, di Asian Para Games 2018 ada sosok Momo yang akan menemani kita.

Momo merupakan Elang Bondol, yang tidak lain maskot kota penyelenggara Asian Para Games 2018, Jakarta. Nama Momo diambil dari Motivation dan Mobility yang berarti kita harus mampu meningkatkan kemampuan untuk menghadapi perkembangan dunia.

Momo mengenakan sabuk khas betawi yang menggambarkan jiwa superhero dalam dirinya dan juga sosok dalam diri setiap atlet yang bertarung.

Torch relay

Tepat pada hari ini, 5 Mei 2018, api abadi akan diambil dari Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah. Esok harinya, 6 Mei 2018 api abadi tersebut akan di arak mengitari Kota Solo.

Jadwal lengkap torch relay bisa kita lihat di instagram Asian Para Games, @asianpg2018.

Jangan lupa meramaikan acara ini, girls!

BACA JUGA: 9 Atlet Indonesia Ganteng & Berprestasi yang Wajib Kita Follow di Instagram