Ternyata Ini Perbedaan Mata Panda, Kantung Mata & Mata Bengkak

By Marcella Oktania, Kamis, 6 September 2018 | 11:05 WIB
mata (augenchirurgle.ch)

Yakin bagian bawah mata kita yang terlihat menghitam dan punya kantung mata disebut mata panda atau kantung mata? Tunggu dulu, girls! Ternyata pengertian mata panda, kantung mata, dan bagian bawah mata yang bengkak semuanya berbeda, lho!

Penasaran? Yuk simak perbedaan ketiganya berikut ini!

BACA JUGA: Ini 3 Cara Menghilangkan Kantung Mata Menghitam Dalam Hitungan Menit

Mata panda

mata panda

Penyebab utama adanya mata panda adalah karena genetik dan warna kulit. 

Pada kulit yang putih atau kuning, mata panda akan memperlihatkan warna nadi, yaitu biru kehijauan. Ini bisa terjadi karena kulit di area tersebut sangat tipis. Namun, pada kulit yang sawo matang atau hitam manis, mata panda malah akan terlihat semakin hitam. Kalau kita kurang tidur, mata panda kita akan semakin menghitam, nih.

Untuk menghilangkannya, ada baiknya kita menggunakan krim dan serum dengan kandungan hyaluronic acid atau ceramides yang bisa membantu memproduksi kolagen dan mencerahkan mata panda kita.

Bagian bawah mata bengkak

bagian bawah mata bengkak & hitam

Bagian bawah mata yang bengkak akan terlihat seperti mata kita memiliki "kantung". Ini bisa terjadi karena alergi tertentu. Bisa juga terjadi karena kita terlalu banyak mengonsumsi garam dan alkohol, yang mengakibatkan tubuh dehidrasi dan akhirnya wajah bengkak, termasuk bagian bawah mata kita. Kalau kurang tidur, bagian bawah mata ini akan semakin bengkak dan menghitam, lho.

Solusinya, kita bisa memperbanyak minum air putih dan pastikan tidur kita cukup. Selain itu, kita juga bisa menggunakan eye cream dengan kandungan kafein dan produk lainnya yang punya sensasi dingin agar bisa kembali mencerahkan dan menghilangkan kantung mata tersebut.

Kantung mata

kantung mata

Kantung mata sebenarnya adalah penjelasan yang tepat kalau kita punya terlalu banyak lemak di bawah mata kita. Kantung mata bisa muncul karena faktor genetik ataupun hal yang lumrah kalau kulit sudah mengalami penuaan dini. Sayangnya, kantung mata sering disamakan sebagai mata panda ataupun bagian bawah mata yang bengkak.

Sebenarnya, enggak banyak yang bisa kita lakukan kalau sudah memiliki kantung mata ini. Untuk menghilangkannya, kita bisa konsultasi lebih lanjut dengan dokter ahli, ya.

BACA JUGA: Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Ini Kalau Enggak Mau Mendapatkan Mata Panda