Ini Cara Kpop Mengubah Pandangan Tentang Makeup Pada Gender Tertentu

By Marcella Oktania, Selasa, 18 September 2018 | 19:21 WIB
G-Dragon (pinterest.com)

Cewek memang identik dengan kecantikan dan perawatan kulit. Jadi enggak heran kalau cewek mengunakan makeupnih. Hal ini enggak akan dianggap wajar kalau cowok yang menggunakan makeup, karena pasti bakal langsung diomongin dan dianggap enggak pantas. Stereotip inilah yang membuat makeup benar-benar hanya boleh dipakai cewek, bukan untuk cowok.

Baca Juga : Intip 14 Inspirasi Makeup Para Member BTS yang Terlihat Charming!

Namun, semua ini berubah begitu boy group Kpop muncul dan mulai booming di dunia. Mereka tampil dengan berbagai macam makeup yang biasa digunakan para cewek. Bahkan, mereka juga menggunakan tampilan yang kece, seperti soft smokey eyes atau makeup dengan warna bold. 

Awalnya, boy group Kpop enggak menggunakan makeup, lho. Mereka selalu tampak dengan bare face, walaupun menggunakan berbagai macam aksesoris dan mewarnai rambutnya.

H.O.T

Lalu, pada awal tahun 2000-an, boy group Kpop mulai terlihat menggunakan makeup yang berguna untuk membuat penampilannya terlihat lebih maskulin dan manly. Dengan begitu, mereka mulai menggunakan alis, eyeliner, dan contouring yang tebal. Gaya rambut juga mulai di-styling dan enggak dibiarkan tergerai begitu saja.

G-Dragon

Selanjutnya, di atas tahun 2010, makeup boy group Kpop kembali berubah. Makeup mereka mulai terlihat colorful, glowing, dan lebih menonjolkan warna pada bagian mataWarna rambut juga lebih berani, dengan warna-warna bold atau pastel yang menonjol.

Baekhyun 'EXO'

Intinya, makeup yang digunakan boy group Kpop adalah untuk mengekspresikan kepribadian dan gaya masing-masing, sehingga baik cewek dan cowok sebenarnya boleh aja menggunakannya. Makeup bukan lagi terpaku pada gender tertentu, lho.

Baca Juga : Comeback! 5 Inspirasi Makeup SNSD - Oh!GG di MV 'Lil' Touch'!