3 Fakta Unik dan Mengharukan di Pembukaan Asian Para Games 2018!

By Kinanti Nuke Mahardini, Minggu, 7 Oktober 2018 | 08:25 WIB
Pembukaan Asian Para Games 2018 (foto: bola.kompas.com)

Cewekbanget.id- Tepat pada 6 Oktober 2018 semalam, Asian Para Games 2018 resmi dibuka melalui ceremony yang sangat meriah.

Diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Presiden Joko Widodo resmi membuka pesta olahraga bergengsi ini.

Telah dibuka dan siap dilangsungkan di satu kota, intip fakta unik sekaligus mengharukan di Pembukaan Asian Para Games 2018.

Berikut fakta unik dan mengharukan di Pembukaan Asian Para Games 2018 yang wajib kita ketahui:

Baca Juga : Tema Indonesia Akan Menjadi Konsep Pembukaan Asian Para Games 2018

Presiden Jokowi memanah

Presiden Joko Widodo memanah bersama atlet panah Indonesia pada pembukaan Asian Para Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, 6 Oktober 2018.

Jika di pembukaan Asian Games 2018 lalu, Presiden Jokowi mengendarai sepeda motor dan melakukan atraksi layaknya James Bond, kini presiden Jokowi memanah.

Presiden Jokowi turun dari ruang VIP dan menuju ke tengah lapangan. Bersama dengan gadis bernama Bulan, Jokowi kemudian memanah tulisan Disability menjadi Ability.

Melalui tulisan tersebut, Presiden Jokowi seolah ingin menyuarakan bahwa teman-teman disabilitas mampu mencetak prestasi yang sama dengan atlet pada umumnya. Tidak ada yang tidak mungkin dan tidak bisa dilakukan di dunia ini.

Dilansir dari kompas.com, Bulan merupakan seorang gadis yang mengetahui kalau Presiden Jokowi sering membagikan sepeda. Menyadari kondisinya, Bulan kemudian ingin sebuah kursi roda.

Beruntung, Bulan bisa memanah bersama dengan Presiden Jokowi. Kebanggan!

Penari difabel yang sangat lincah

Selain “atraksi” dari Presiden Jokowi, publik juga dibuat kagum dengan seorang penari kontemporer yang sangat lincah.

JIka kita saksikan di layar kaca, penari tersebut berada di atas kursi roda tetapi ia tetap lincah menarikan tarian tersebut.

Hal ini menunjukan kalau saat ini kaum difabel enggak lagi dipandang sebelah mata. Mereka tetap bisa mengasah bakat mereka dan menunjukannya kepada publik. Kesetaraan, girls.

Rangkaian video berbagai agama

Selain mengangkat tentang kesetaraan dan tidak adanya perbandingan kaum difabel dengan kita, dalam pembukaan Asian Para Games 2018 juga disuguhkan video seoal agama yang ada di Indonesia.

Hal ini menunjukan kalau Indonesia itu satu. Berbeda-beda tetapi tetap satu juga!

Selain pertunjukan tarian dan musik yang bikin merinding, sejumlah lagu kpop seperti Lil’Touch milik OH!GG, Black Suit milik Super Junior, Power milik EXO, dan View milik SHINee diputar dalam Pembukaan Asian Para Games 2018.

Resmi dimulai, yuk kita dukung penyelenggaraan Asian Para Games 2018! (*)

Baca Juga : Ini 3 Cabang Olahraga yang Jadi Primadona di Asian Para Games 2018