Ribuan Orang Korea Selatan Ajukan Petisi Bubarkan BTS. Kenapa?

By Kinanti Nuke Mahardini, Kamis, 11 Oktober 2018 | 11:45 WIB
BTS (Big Hit Ent)

Kabar mengejutkan datang dari salah satu grup kpop ternama, BTS.

Sekitar 3000 orang netizen Korea Selatan mengajukan petisi untuk membubarkan grup asuhan Big Hit Entertainment ini.

Petisi diajukan setelah beredar rumor yang menyebutkan kalau seluruh member BTS akan dibebaskan dari wajib militer.

Padahal wajib militer sendiri harus dilaksanakan bagi setiap laki-laki Korea yang usianya sudah memenuhi persyaratan, yakni 18 hingga 30 tahun.

Yuk, intip informasi tentang petisi yang akan diajukan untuk pembubaran BTS!

Berikut informasi tentang petisi netizen Korea Selatan yang meminta pembubaran BTS:

Baca Juga : Sukses dan Terkenal, Inilah 4 Momen 'BTS' yang Tetap Dipandang Sebelah Mata. Duh!

Kenapa BTS bisa bebas dari wajib militer?

BTS

Di Korea Selatan, atlet peraih medali emas di ajang Asian Games dan Olimpiade akan dibebaskan dari tugas wajib militer. Peraih medali emas dianggap telah mengharumkan nama Korea Selatan sehingga bebas wajib militer merupakan privilege yang layak mereka dapatkan.

Enggak hanya atlet peraih medali emas di dua ajang tersebut, namun mereka yang menjuarai kompetisi musik klasik Internasional juga akan dibebaskan dari wajib militer.

Isu yang menyebutkan bahwa BTS bisa saja dibebaskan dari wajib militer menyeruak setelah grup ini berhasil debut Amerika dan menyebarkan pengaruh k-wave di sana.

Dilansir dari independent.co.uk, seluruh member BTS dianggap sebagai penyebar kebudayaan Korea Selatan. Banyak orang yang tertarik belajar hangul atau huruf Korea dan juga kebudayaan Korea.

Hal ini menjadi kebanggan tersendiri karena BTS mampu membawa Korea Selatan menjadi salah satu negara yang paling diminati orang seluruh dunia.

Baca Juga : Intip Momen BTS di Majelis Umum PBB. Inspiratif dan Bikin Bangga!

Meskipun begitu, isu BTS dibebaskan dari wamil mendapat pro dan kontra dari anggota parlemen Korea Selatan.

Masih dilansir dari sumber yang sama, anggota parlemen oposisi menyebutkan bahwa “Jika memenangkan musik klasik maka bebas wamil akan diberikan. Namun, menang kompetisi musik kpop dan masuk dalam billboard bukanlah apa-apa.”

Tidak ada waktu yang pasti

Hingga kini, isu tentang pembebasan atau pengecualian wajib militer bagi idol kpop berprestasi masih menjadi bahasan tersendiri.

Dilansir dari The Korea Times, Kementerian Pertahann Nasional Korea Selatan sedang mempertimbangkan pembebasan atau pengecualian wajib militer idol kpop berprestasi.

Kemungkinan yang bisa terjadi, wajib militer akan dibebaskan untuk idol kpop berprestasi atau durasi waktunya yang dikurangi.

Baca Juga : 5 Lagu BTS yang Dianggap Paling Populer. Mana Lagu Favoritmu?

Melansir dari The Korea Times “Kementerian Pertahanan Nasional sedang mempertimbangkan kebijakan tentang wajib militer bagi idol kpop. Tetapi tidak ada waktu yang spesifik kapan peraturan tersebut akan diberlakukan.”

Petisi diajukan

Wajib Militer menjadi salah satu isu sensitif di Korea Selatan. Dianggap tidak adil karena BTS konon bebas dari wajib militer, sebanyak 3000 orang memutuskan untuk membuat petisi.

Dilansir dari kompas.com, petisi tersebut berbunyi “Apa yang sudah BTS lakukan sehingga mendapat kesempatan bebas wajib militer.”

Petisi yang sudah ditandatangani oleh 3000 orang ini akan diajukan ke Presiden setelah terkumpul 200.000 tanda tangan.

Semoga segala keputusan diambil dengan bijak dan enggak merugikan banyak pihak ya, girls!

Baca Juga : Tangan V ‘BTS’ Bergetar Saat Tampil, Fans Khawatir dengan Kesehatannya