Zaman sekarang kita semakin dipermudah dengan banyaknya online shop. Kita enggak perlu lagi keluar rumah buat beli pakaian, makeup, aksesori, dll. Bahkan soal harga, kebanyakan online shop menawarkan harga yang lebih murah dibanding kalau kita beli di toko.
Tapi salah satu kekurangan belanja di online shop kita enggak bisa melihat dan menyentuh secara langsung barang yang akan kita beli. Kita enggak bisa tahu kualitasnya akan seperti apa, karena biasanya foto bisa jadi lebih bagus dari aslinya.
Sama seperti pengalaman Nabila (21) yang pernah beberapa kali “tertipu” dengan barang yang dijual di online shop.
(Lihat juga di sini Baju Enggak Sengaja Kembaran dengan Orang Lain, Minder atau Pede Saja?)
Belanja Online Shop di Twitter dan Instagram
Nabila sudah sering berbelanja lewat online shop yang ada di twitter dan instagram. Barang-barang yang biasanya dia beli seperti baju, sepatu dan aksesori. Salah satu alasannya karena harganya yang terjangkau.
“Aku dulu sering beli di twitter soalnya harga bajunya murah-murah. Apalagi modelnya juga lucu-lucu, banyak ala Korea gitu. Tapi sekarang di twitter udah enggak pernah soalnya kebanyakan olshop ada di instagram.”
Nabila mengaku memilih online shop berdasarkan jumlah followers dan komentar atau testimoni pembeli.
“Aku pilih-pilih banget sebenernya kalau soal online shop soalnya takut ditipu, takutnya cuma mau ambil uang aku aja, makanya aku cek dulu followers atau enggak komentar orang-orang. Kadang juga lihatnya dari artis yang di endorse. Kalau diperhatiin kan online shop suka pakai foto yang sama, aku mendingan pilih online shop yang foto sendiri, biar kelihatan real barangnya.”
(Lihat juga di sini 10 Rekomendasi Online Shop Makeup & Skincare Korea)
Dapat Barang Jelek dari Online Shop
“Wah, beberapa kali pernah. Pernah beli sweater pas nyampe kantongnya aneh, masa kantong letaknya di perut haha. Pernah juga beli baju lengannya pendek sebelah. Lalu ada juga yang sablonannya rontok setelah dicuci.”
Setelah mendapatkan barang yang jelek dari online shop biasanya Nabila akan complain. Tapi sayang enggak semua online shop bisa reture atau refund.
“Kalau yang di twitter dulu enggak pernah tapi waktu beli di instagram pernah complain tapi olshopnya malah bilang kalau barangnya udah sesuai sama yang diinfoin jadi enggak bisa di-reture.”
Barang-barang yang enggak bisa dipakai Nabila biasanya akan diberikan kepada saudara atau teman yang mau.
(Lihat juga di sini 7 Rekomendasi Online Shop yang Menjual Kacamata)
Sekarang Lebih Pilih Beli Langsung di Toko
Setelah beberapa kali kecewa dengan online shop, Nabila sekarang lebih memilih untuk membeli barang-barang seperti pakaian dan aksesori langsung di toko.
“Sekarang jadi males beli di online, aku lebih suka beli di factory outlet atau di mall jadi barangnya bisa aku pegang-pegang langsung.”
Nabila juga enggak terlalu tertarik dengan online shop website yang lebih terpercaya.
“Enggak ah, kalau beli di website harganya biasanya mahal-mahal. Terus pasti ada aja yang kurang. Aku ngerasa enggak puas aja kalau enggak nyentuh atau nyoba langsung barangnya.”
Yang Harus Dilakukan Supaya Enggak Tertipu Gambar di Online Shop
Beberapa hal yang bisa kita lakukan sebelum memutuskan berbelanja di online shop:
Beli di website yang terpercaya. Sekarang udah banyak e-commerce yang lengkap menjual kebutuhan kita. Misalnya untuk fashion ada Zalora, Berrybenka dan Hijup. Untuk yang berskala internasional seperti Ebay.
Hindari harga yang terlalu murah. Jangan cepat-cepat tergiur harga yang terlalu murah karena bisa jadi kualitasnya sama murah dengan harganya.
Cari tahu kualitas barangnya. Misalnya bisa kita lihat dari testimoni pembeli sebelumnya. Kita juga bisa menanyakan detail barang ke penjualnya contohnya ukuran atau bahan.
(Lihat juga di sini 8 Rekomendasi Online Shop Hijab di Instagram)
Semoga enggak salah lagi ya belanja di online shop, harus selalu teliti sebelum membeli girls ;)
Stem Cell, Terobosan Baru Sebagai Solusi Perawatan Ortopedi Hingga Cedera Olahraga
Penulis | : | Jana Miani |
Editor | : | Jana Miani |
KOMENTAR