Girls, kamu pernah enggak merasa bete atau kesal dengan pertanyaan dari call center yang banyak banget buat memverifikasi akun kita? Kalau iya, berarti ada berita bagus buat kamu yang sudah lelah dengan pengalaman ini.
Demi peningkatan mutu kenyamanan bagi costumer, Permata Bank pun meluncurkan teknologi terbarunya, yaitu Voice ID setelah sebelumnya sudah diluncurkan teknologi Fingerprint dan Facial ID. Jadi, teknologi ini bisa memudahkan costumer dan memotong durasi verifikasi yang awalnya 2 menit menjadi hanya 45 detik saja.
Abdy Salimin, Direktur Teknologi dan operasi PermataBank mengatakan, “Machine learning robot ini bisa mendengar suara kita dan mendeteksi ini suara milik siapa. Tingkat akurasinya pun 99% dan semakin lama dia mendengar suara customer, maka semakin pintar mesin ini mendeteksi. Namun suaranya pun harus jelas dan enggak boleh ada distorsi.”
Layanan ini bisa dilakukan lewat PermataTel (Contact Center PermataBank) dan dilakukan dalam percakapan normal tanpa sesi khusus. Gunawidjaja, Head, Sevice Quality, OPEX & Contact Center PermataBank mengatakan, “Ini seperti sidik suara dan pertama di Indonesia. Teknologi ini menggunakan lebih dari 50 faktor suara fisik dan perilaku. Karakteristik perilaku meliputi pengucapan, penekanan, kecepatan bicara dan juga aksen. Sedangkan karakteristik fsik adalah khas saluran lokal dan juga pita suara.”
Ada beberapa keuntungan dari teknologi ini, yaitu bisa menghilangkan potensi ‘fraud’ melalui call center, karena identifikasi suara melekat pada seseorang dan enggak bisa dicuri. Lalu juga proses verifikasi ini dilakukan melalui percakapan, dan costumer enggak harus mengatakan kata atau kalimat tertentu sehingga bisa terhindar dari hacker.
Budi Rahardjo, Praktisi IT menanggapi positif teknologi ini dengan mengatakan, “Salah satu kesulitan dalam memberikan layanan tanpa tatap muka adalah mengidentifikasi seseorang, baik itu pengguna atau penyedia jasa. Nah dengan menggunakan Voice ID ini keamanan dapat tetap terjamin karena kita enggak perlu kasih tahu lagi data pribadi kita, dan juga kenyamanan meningkat karena waktu verifikasi menjadi sangat singkat.”
Sementara itu, publik figur Dion Wiyoko mengatakan ada banyak keuntungan dari adanya teknologi ini, salah satunya mengenai biaya roaming, “Jadi kalau saya harus menghubungi call center, maka dengan teknologi Voice ID ini biaya roaming-nya bisa dipotong karena waktunya yang singkat. Enggak perlu mengeluarkan biaya mahal lagi hanya untuk menghubungi call center.”
Dengan layanan Voice ID ini, maka nasabah dapat merasa lebih nyaman dan aman bertransaksi melalui PermataTel dan enggak perlu lagi harus datang ke cabang karena lupa informasi data.
Penulis | : | Indah Permata Sari |
Editor | : | Indah Permata Sari |
KOMENTAR