Follow Us

Terdeteksi di Kedalaman 850 Meter, KRI Nanggala 402 Naik Status menjadi Subsunk, Sejumlah Barang Ditemukan: Kami Berjuang Keras

Rifka Amalia - Sabtu, 24 April 2021 | 16:42
Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono pada konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).
Tangkap Layar Kompas TV

Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono pada konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Sosok.ID - Hilang kontak pada Rabu (21/4/2021), status KRI Nanggala-402 dinaikkan TNI menjadi subsunk atau tenggelam.

Melalui konferensi pers, Sabtu (24/4/2021), hal itu disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana Yudo Margono.

"Dengan demikian dengan adanya bukti otentik diyakini milik Nanggala, sehingga saat ini kita isyaratkan untuk dari submiss kita tingkatkan menuju fase subsunk, " kata Yudo Margono, dilansir Sosok.ID dari Kompas TV, Sabtu (24/4).

Pada fase subsunk ini, jika terdapat ABK yang masih selamat, TNI akan melakukan evakuasi medis ke Surabaya atau ke Banyuwangi.

Baca Juga: Mantan Perwira AS Sebut KRI Nanggala 402 Tidak Mungkin Bertahan: Kapal Selam DIbuat untuk Sulit Ditemukan, Jika Sudah Jatuh, Masalah

Saat ini pihaknya bersama tim penyelamat SAR serta bantuan dari berbagai negara masih bekerja keras menemukan kapal tersebut.

"Tim gabungan SAR masih berjuang keras," kata dia.

Kesulitan evakuasi KRI Nanggala-402 bertambah karena kapal tersebut terdeteksi tenggelam pada kedalaman 850 meter.

"Kedalaman laut yang kita deteksi adalah kedalaman 850 meter, ini sangat riskan dan memiliki kesulitan tinggi," kata Yudo.

Baca Juga: Kadar Oksigen KRI Nanggala 402 Sudah Lewat Batas Maksimal Bertahan, Lebih dari 72 Jam Sejak Menyelam Belum Ditemukan

"Dengan kesulitan ini kita tetap jalankan untuk melaksanakan prosedur pengangkatan dan evakuasi berikutnya."

Yudo dalam kesempatan tersebut menyampaikan, TNI beserta tim penyelamat menemukan sejumlah barang yang diduga kuat milik kapal selam KRI Nanggala-402.

Source : Kompas TV

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest