Grid.ID Networks | Jumat, 22 September 2017 | SIGN IN | SIGN UP

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Mahasiswa Baru dan Disarankan oleh Senior

  • Rabu, 30 Agustus 2017 15:22 WIB

Ini yang harus dipersiapkan mahasiswa baru menurut senior! | (doc.atmajaya)

Pindah dari SMA ke Universitas berarti kita memasuki fase kehidupan yang baru. Tentunya, apa yang akan kita hadapi berbeda banget dengan kehidupan sebelumnya. Sebagai mahasiswa baru, kita harus beradaptasi dengan kehidupan baru ini. Ada banyak hal yang harus kita persiapkan untuk memulai kehidupan sebagai mahasiswa.

Berikut 10 hal yang harus dipersiapkan oleh mahasiswa baru dan disarankan oleh senior.

 Persiapan Mental

Berhubung dunia perkuliahan yang akan dijalani berbeda banget dengan waktu SMA dulu, jadi mental kita harus diubah.

“Mahasiswa baru harus menyiapkan dan mengubah mental dari mental ‘anak sekolah’ jadi anak kuliahan karena kehidupan sebagai mahasiswa jauh berbeda dengan saat masih sekolah. Salah satunya ketika sekolah terbiasa dikasih semuanya dari sekolah, tapi jadi mahasiswa kita yang harus aktif mencari tahu semua informasi yang ada di kampus. Jadi, enggak boleh malas mencari tahu informasi.” (Florence, alumni Jurusan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)

 Siap Beradaptasi

Masuk ke lingkungan baru membuat kita harus beradaptasi dengan dunia baru tersebut. Karena itu, kita harus siap untuk menerima apa pun hal yang bisa terjadi di kampus nantinya. Jangan malu bertanya agar bisa beradaptasi dengan baik, misalnya kepada senior atau teman lain, juga kepada dosen dan staf kampus.

“Adaptasi yang harus dilakukan yaitu menyesuaikan diri dengan lingkungan kampus, sistem pengajaran, sistem nilai, pertemanan, dan lainnya. Jadi, jangan malu bertanya dan aktif.” (Destrianda, Jurusan Bimbingan Konseling semester 5, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya)

 Pelajari Tentang Kampus

Sebelum masuk kuliah, penting banget untuk mencari tahu apa aja yang ada di kampus. Info yang didapat ini akan menjadi senjata yang membantu kita agar bisa beradaptasi dengan lebih mudah.

Reporter : Indah Permata Sari
Editor : Ifnur Hikmah

KOMENTAR

TULIS
ARTIKEL
EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×